Makassar (ANTARA News) - Pebalap motor andalan Sulawesi Selatan Iswandi Muis akan memanfaatkan kejuaraan bergengsi Indoprix sebagai ajang pemanasan sebelum berlaga di Kejuaraan Balap Terbuka di Jepang, pertengahan Agustus 2014.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi IMI Sulsel Adifar Hakim, di Makassar, Minggu, mengatakan peraih medali perak PON 2012 itu diharapkan bisa memanfaatkan momentum tersebut demi mengharumkan nama Indonesia khususnya Sulsel di Jepang.

"Iswandi akan memperkuat timnya pada kejuaraan Indoprix di Surabaya, 10 Agustus nanti. Setelah bertarung di kejurnas, Iswandi selanjutnya akan tampil di kejuaraan internasional di Jepang," katanya.

Menurut dia, keterlibatan pebalap itu di negeri Sakura merupakan yang kedua kalinya pada 2014. Iswandi juga sudah mencatatkan prestasi maksimal bagi Indonesia saat menjadi juara di ajang Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship di Sirkuit Suzuka, Jepang, 2013.

Saat itu, Iswandi yang berpasangan dengan Dimas Ekky Pratama sukses menduduki podium pertama. Dimas Ekky sendiri belum lama ini juga sudah tampil di ajang yang lebih tinggi yakni Suzuka 8 Hours Endurance World Championship 2014.

"Untuk Indoprix sendiri merupakan ajang balap paling bergengsi di Indonesia. Ini sangat cocok untuk menjadi laga pemanasan karena akan bersaing dengan para pembalap terbaik Indonesia," jelasnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan keterlibatan pebalap Sulsel itu akan membuat kemampuannya semakin meningkat. Kondisi itu tentu hal yang positif khususnya jelang menghadapi babak kualifikasi Pekan olahraga Nasional (PON) 2015.

Menghadapi PON 2016, kata dia, balap motor tetap menjadi salah satu andalan Sulsel dalam merebut medali. Pihaknya berharap Sulsel bisa meloloskan lebih banyak atlet ke PON sehingga semakin membuka peluang untuk meraih prestasi maksimal di PON XIX Jabar 2016.

Selain Iswandi, Sulsel juga masih memiliki sejumlah pembalap andalan yakni Herman Bas. Pasangan Iswandi di PON 2012 itu juga terus meningkatkan kemampuan balapnya dengan tampil di kejuaraan balap regional V Sulawesi di Kabupaten Wajo, Sulsel, 8 Agustus 2014.

Hermas Bas juga sebelumnya juga ikut terlibat pada ajang yang sama di Kabupaten Sidrap, 3 Mei 2014. Pada pelaksanaan itu, Herman Bas berhasil keluar sebagai yang terbaik di kelasnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014