Pacitan (ANTARA News) - Ratusan penumpang arus balik di terminal bus Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terlantar akibat armada bus pengangkut terlambat datang dampak kemacetan parah di jalir pantai utara (Pantura), Jawa Tengah.

"Sampai detik ini, kami belum mendapat kepastian (dari agen) kapan bus akan datang," kata Jumin (40), salah satu calon penumpang bus patas tujuan Jakarta, Senin.

Jumin mengaku telah berada di terminal sejak pukul 07.00 WIB, bersama istri dan dua anggota keluarganya. Warga Kecamatan Arjosari ini bermaksud kembali ke tempat kerjanya di daerah ibu kota, Jakarta.

Namun karena jadwal kedatangan bus belum dapat di pastikan, sementara waktu ia berencana istirahat di rumah salah satu kerabatnya yang tak jauh dari terminal.

Jumin memilih menunggu ketimbang kembali ke rumah asalnya di Sudimoro, karena alasan jaraknya cukup jauh. Apalagi rombongan keluarga itu juga mengusung barang bawaan cukup banyak.

Senada Jumin, calon penumpang lain bernama Rukmini mengungkapkan, telah ada penjelasan dari agen bus tempatnya membeli tiket.

Hanya saja waktunya tidak dapat ditentukan, sehingga membuatnya sempat kebingungan.

"(Kedatangan bus) bisa nanti malam atau besok, Selasa (5/8) pagi," keluhnya.

Keluhan serupa juga dilontarkan Sunarto, penumpang bus ke Jakarta. Penyebabnya, selain keberangkatan bus belum pasti, ia telah mengantongi tiket balik sejak H+3 lalu.

Tidak itu saja, harga tiket yang mencapai lebih dari Rp400 ribu terasa memberatkan, karena pada hari-hari biasa harga tiket tak lebih dari Rp200 ribu.

Terlantarnya penumpang sendiri mulai terjadi sejak Minggu (3/8) malam. Mereka yang terlantar umumnya adalah penumpang dari wilayah luar Kecamatan Pacitan.

Selain menunggu di area keberangkatan bus, sebagian di antaranya juga memanfaatkan fasilitas lain di terminal untuk tidur, seperti mushola maupun kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Terminal Bus Tipe A Pacitan.

Meski demikian ada penumpang yang tetap dapat berangkat dengan bus dari agen tertentu.

Sebab, pihak agen baru berani menjual tiket ketika kendaraan dipastikan telah tiba kembali di Kabupaten Pacitan dari Jakarta.

Informasi yang diperoleh Antara Jatim dari beberapa agen bus, kemacetan menjadi biang utama dari keterlambatan.

Jika biasanya waktu tempuh Pacitan-Jakarta tak lebih dari 24 jam, maka saat arus mudik dan balik lebaran kali ini bisa lebih dari 30 jam.

Pewarta: Destyan HS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014