Jakarta (ANTARA News) - Sebagian toko di kawasan pusat perbelanjaan Pasar Tanah Abang dan Thamrin City, Jakarta, masih banyak yang tutup pada Senin atau H+6 Idul Fitri 1435 Hijriah.

Sebagian besar toko yang ada di berbagai blok di pusat perbelanjaan Tanah Abang masih banyak yang tutup di antaranya di Blok A dan B. Di pintu salah satu toko di Blok A bahkan tertulis "Tutup, buka kembali hari Senin 11 Agustus".

"Sepertinya Kamis baru pada buka karena kebanyakan anak sekolah masuk di hari Rabu," kata penjaga toko pakaian di Blok B Pasar Tanah Abang Esih Sukaesih (40).

Ia mengatakan pedagang yang buka pada H+6, kebanyakan membereskan dagangan di tokonya setelah liburan Lebaran 2014. "Kami mulai buka hari ini (Senin) namun pembeli masih sedikit. Bos saya saja belum ke toko," katanya.

Esih menerangkan pendapatan tokonya menurun karena sepinya pengunjung. "Kalau pendapatan masih jauh dari normal mas," katanya.

Hal yang berbeda dialami oleh pedagang di Pusat Busana Muslim Thamrin City, Kamardi (40) yang mengaku kios di tempatnya masih banyak didatangi pembeli. "Pembeli lumayan hari ini meskipun tidak seperti weekend minggu lalu," katanya.

Pria yang akrab dipanggil Edi itu juga mengatakan dari awal tokonya buka sampai pukul 15.00 omzetnya mencapai Rp2 juta. "Karena saya buka jam 11 jadi cuma dapat segitu. Jika lebih pagi mungkin lebih," kata Edi.

Aktivitas jual beli di Pasar Tanah Abang dan Thamrin City memang terlihat masih tampak lengang di sejumlah pertokoan meskipun begitu, di lantai dasarnya mulai banyak didatangi pengunjung.

Pewarta: Ricky P/Ahmad Buchori
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014