Jakarta (ANTARA News) - Puncak arus balik atau kedatangan kembali para pemudik di Bandara Soekarno-Hatta telah berlalu, karena puncaknya terjadi pada tanggal 3 Agustus 2014.

"Kesimpulan sementara H+5 (Minggu, 3/8) merupakan puncak arus balik pemudik yang menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2014 ini," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik, J.A. Barata, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, di Jakarta, Selasa.

Ia memaparkan jumlah penumpang yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada H+5 telah mencapai angka 78.815 penumpang.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran tahun 2013, lanjutnya, jumlah tersebut telah meningkat sebesar 12,82 persen.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah terjadi sejak H+2 lebaran 2014/1435 Hijriyah.

Berdasarkan data Kemenhub, tercatat jumlah penumpang angkutan udara dalam negeri dari tanggal 21 Juli 2014 (H-7) sampai dengan 29 Juli 2014 adalah 1.849.310 atau naik sebesar 11,35 persen dibanding data tahun sebelumnya.

Peningkatan penumpang domestik tertinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2013 berdasarkan data sementara tersebut diketahui terjadi di Bandara Sepinggan, Balikpapan (naik 21,3 persen). Sedangkan peningkatan jumah penumpang internasional tertinggi atau rute luar negeri adalah Bandara Kualanamu, Medan (25,9 persen).

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara selama musim Angkutan Lebaran sejak tanggal 21 Juli sampai dengan 5 Juli 2014 melakukan pemantauan terhadap 32 bandar udara, termasuk tujuh bandar udara yang dipantau merupakan bandar udara internasional.

Sebelumnya, Kemenhub bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait penyelenggaraan prasarana kereta Bandara Soekarno-Hatta yang melalui Kota Tangerang, Banten.

"Nilai investasi untuk penyelenggaraan perkeretaapian KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar Rp2,5 triliun dengan jangka waktu 30 tahun dan dapat diperpanjang," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko, di Jakarta, Kamis (10/7).

Selain itu, Kemenhub juga telah meresmikan pengoperasian pelayanan angkutan umum pemandu moda dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta untuk tiga jenis rute yaitu Bandara Soekarno-Hatta (BSH)-Pusat Grosir Cililitan (PGC) pp, BSH-Terminal Cileungsi (Bogor) pp, dan BSH-Terminal Depok pp.

Penyelenggaraan Angkutan Pemadu Moda BSH bertujuan untuk mendorong pengoperasian angkutan umum massal (kapasitas besar), guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
(M040)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014