Jakarta (ANTARA News) - Semangat bertanding...ya, semangat bertanding untuk meraih kemenangan dengan terus berlatih dan berhikmat kepada dogma bahwa hanya dengan "passion" maka kejayaan dapat diperoleh dengan kehormatan, bukan justru keculasan.

Ini yang perlu dihembus-hembuskan ketika publik pecinta sepak bola Tanah Air bakal menanti prestasi Timnas U-19 dan menyaksikan kepiawaian Juventus melawan ISL Stars.

Hanya dengan "passion", Timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri diharapkan mampu mengalahkan setiap lawan dalam laga yang digelar di Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014, sebelum beraksi di Piala Asia U-19 di Myanmar.

Hanya dengan "passion", maka Juventus mampu keluar sebagai juara Serie A, dan pada Rabu, 6 Agustus 2014, skuat La Vecchia Signora akan menjajal ISL Stars di bawah asuhan pelatih Stefan Hansson.

Apakah "passion" dalam bertanding dan bekerja membolehkan orang atau kelompok bertepuk tangan karena kedatangan sukacita?

Silakan bertepuk tangan sekeras-kerasnya karena laga bola adalah laga mereka yang merayakan hidup, bukan merayakan permainan intrik demi kepentingan sesama kelompok sendiri.

Kompetisi adalah mata uang yang berlaku dalam kehidupan. Hanya dengan berkompetisi, seseorang dapat membusungkan dada tanpa rendah diri.

Jangan takut membusungkan dada ketika menghadapi siapa pun lawan. Kepercayaan diri memampukan orang untuk gagah berani menghadapi setiap lawan.

Langkah yang ditempuh Timnas U-19 mengarah dan menuju kepada upaya memupuk dan menyuburkan "passion". Evan Dimas dan kawan-kawan sudah melakoni 32 laga uji coba. Sebanyak 22 pertandingan merupakan uji coba berskala lokal, sedangakan 10 laga sisanya merupakan laga persahabatan.

Hanya saja, apakah "passion" dimiliki oleh penggawa ISL Stars?. Meskipun lawan yang bakal ditantang berkelas dunia, Juventus bakal menjadi batu ujian berarti bagi tim Liga Super Indonesia (LSI) All Stars.

Apakah "passion" dipunyai penggawa ISl Stars, kalau berlatih saja terkesan jauh dari kesan bersungguh-sungguh. Dari 18 pemain yang mamsuk daftar, ternyata baru 10 pemain yang telah mengikuti latihan perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Senin malam (4/8).

Silakan menghidupi dan merayakan "passion" ketika menyaksikan siaran langsung sepak bola yang digelar pada 6-13 Agustus 2014.

Rabu, 6 Agustus:

Laga Persahabatan:
ISL Stars vs Juventus, pukul 20.00 WIB, MNC TV
Kashiwa Reysol vs Lanus FC, pukul 17.45 WIB, Kompas TV

Kamis, 7 Agustus:

Final Libertadores:
Nacional vs San Lorenzo, pukul 07.15 WIB, Kompas TV

Jumat, 8 Agustus:

Hassanah Bolkiah Trophy:
Indonesia U-19 vs Malaysia, pukul 15.00 WIB, MNC TV

Sabtu, 9 Agustus :

ISL:
Barito Putra vs Arema, pukul 15.30 WIB, RCTI

Laga Persahabatan:
Muenchen All Stars vs MU All Stars, pukul 23.15 WIB, Kompas TV
Tottenham vs Schalke, pukul 21.30 WIB, Global TV

Minggu, 10 Agustus :

Community Shield:
Arsenal vs Manchester City, pukul 20.30 WIB, SCTV

ISL:
Persija vs Persib, pukul 15.30 WIB, RCTI

Senin, 11 Agustus :

Hassanah Bolkiah Trophy:
Indonesia U-19 vs Brunei, pukul 19.00 WIB, SCTV

Selasa, 12 Agustus :

Piala Super Eropa:
Real Madrid vs Sevilla, pukul 02.00 WIB, SCTV

Rabu, 13 Agustus:

Hassanah Bolkiah Trophy:
Indonesia U-19 vs Vietnam, pukul 15.00 WIB, SCTV

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014