Jakarta (ANTARA News) - Komposer musik Purwacaraka membantah anggapan masyarakat yang menyebutkan mereka tidak pernah menciptakan lagu untuk anak-anak.

"Saya bisa sebutkan dalam lima tahun terakhir siapa saja yang sudah menciptakan lagu anak dan berapa jumlahnya," kata Purwacaraka di Jakarta, Selasa.

Dalam lima tahun terakhir, kata dia, sudah ratusan judul lagu untuk anak-anak diciptakan oleh para komposer ternama di Tanah Air.

Dia menegaskan persoalan yang terjadi saat ini adalah anak tidak mau menyanyikan lagu anak, bukan karena tidak ada lagu untuk seusia mereka.

"Persoalannya terletak pada mereka lebih tertarik menyanyikan lagu yang bukan untuk anak-anak," katanya.

Anak-anak masa kini, menurut dia, telah "diracuni" konten-konten dan lagu yang bukan untuk seusianya secara terus-menerus dalam sehari melalui media broadcast tanpa filter.

"Perusakan karakter anak yang terjadi saat ini lebih masif ketimbang tayangan Sumanto makan kodok atau hipnotis menyebut nama Benyamin," katanya.

Oleh karena itu, dia menyarankan semua pihak untuk terlibat membangkitkan popularitas lagu anak, terutama meminta keberpihakan pemerintah untuk menyusun kebijakan yang propembentukan karakter anak.


Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014