Dari hasil rapat tadi sore, melihat perlu diadakan pengambilan keputusan untuk mengganti Ketua Dewan Pertimbangan Ibu Rachmawati dengan alasan bahwa ada sebuah perbedaan pandangan yang cukup tajam,"
Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mencopot Rachmawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem lantaran adik kandung Ketua Umum PDIP Megawati dianggap tidak sejalan dengan kebijakan partai besutan Surya Paloh itu.

"Dari hasil rapat tadi sore, melihat perlu diadakan pengambilan keputusan untuk mengganti Ketua Dewan Pertimbangan Ibu Rachmawati dengan alasan bahwa ada sebuah perbedaan pandangan yang cukup tajam," kata Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella saat jumpa pers di DPP NasDem, Jakarta Pusat, Selasa.

Keputusan tersebut diambil setelah Ketua Umum NasDem Surya Paloh, jajaran Majelis Tinggi, dan jajaran Dewan Pertimbangan mengadakan rapat internal. Patrice mengatakan, rapat tersebut secara bulat mengambil keputusan untuk memberhentikan Rachmawati dari kepengurusan.

Partai NasDem, kata dia, melihat perbedaan itu tidak sesuai dengan etika dan disiplin organiasi serta perjuangan partai. Hal itu juga terlihat jelas lantaran NasDem berada di pengusung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Oleh karena itu keputusan yang diambil partai seyogyanya jadi sebuah keputusan bulat. Kami menghargai ada perbedaan pandangan di dalam kubu partai tetapi tidak mengatasnamakan nama institusi NasDem," tuturnya.

Ia mengaku, telah memberikan peringatan kepada Rachmawati secara lisan terkait dukungannya kepada capres nomor urut satu, Prabowo Subianto.

"Kita 'warning' secara lisan bahwa apa yang dilakukan terserah apa, tetapi jangan sekali-kali bawa nama NasDem," ujar Rio.

Prosedur pemecatan itu juga, menurut dia, sudah sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai.

Namun, meski telah dipecat dari jabatannya, NasDem masih menganggap adik kadung Megawati itu sebagai anggota partai. "Masih anggota iya, kita sudah antarkan surat pencopotannya tadi beserta penjelasan detail," tuturnya.

Untuk menggantikan posisi Rachmawati, NasDem menunjuk Maxi Gunawan yang sebelumnya menjabat anggota Dewan Pertimbangan.

"Kami ucapkan terima kasih untuk Ibu Rachmawati dan tentu hubungan baik yang sudah dijalin itu tetap seperti biasa," katanya.

Maxi Gunawam menambahkan, pihaknya akan tetap solid mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Partai NasDem.

"Kami akan tetap solid membawa Dewan Pertimbangan mendukung NasDem dengan langkah-langkah yang diambilnya," ujar Maxi.(*)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014