Saya telah memutuskan untuk meninggalkan tim nasional. Saya pikir waktu saya di sana telah usai,"
Madrid (ANTARA News) - Gelandang Spanyol Xavi Hernandez mengumumkan pada Selasa bahwa ia telah mengakhiri karier sepak bola internasionalnya yang dimahkotai kesuksesan "La Roja" di Piala Dunia 2010 dan dua trofi Piala Eropa.

"Saya telah memutuskan untuk meninggalkan tim nasional. Saya pikir waktu saya di sana telah usai," kata pemain Barcelona berusia 34 tahun pada konferensi pers.

"Itu merupakan periode yang indah, fantastis bagi saya. Itu merupakan sebuah kehormatan," kata Xavi, yang memainkan peran menentukan saat Spanyol berjaya pada Piala Dunia di Afrika Selatan pada 2010, pada Piala Eropa 2008, dan Piala Eropa 2012.

"Kami telah mencapai banyak kesuksesan dalam enam atau delapan tahun terakhir dan sekarang saya merupakan seorang penggemar tim Spanyol," ucapnya.

Bagaimanapun, Xavi mengatakan dirinya akan bertahan dengan Barcelona, setelah sempat disebut-sebut memiliki rencana-rencana untuk meninggalkan klub tersebut.

Sang pemain mengungkapkan bahwa ia berencana untuk meninggalkan timnas setelah kesuksesan Spanyol pada Piala Eropa 2012 di Ukraina, namun pelatih Vicente del Bosque meyakinkan dirinya untuk bertahan.

"Ia menegaskan saya bertahan untuk (Piala Dunia) Brazil, dan Brazil mengecewakan untuk semua orang secara kolektif dan juga bagi saya secara pribadi," ucapnya.

"Faktanya adalah saya tidak ambil bagian pada pertandingan menentukan melawan Chile merupakan kekecewaan pribadi," kata Xavi perihal pertandingan di mana Spanyol kalah 0-2 di Rio de Janeiro pada Juni, yang memastikan mereka tersingkir dari Piala Dunia di fase grup, demikian AFP.
(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014