Jumlah penumpang yang datang sejak operasi Lebaran dimulai hingga hari ini (Selasa) mengalami peningkatan sekitar 87 persen dari tahun lalu,"
Jaarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang pesawat udara di Bandara Halim Perdanakusuma hingga H-7 Lebaran 2014 meningkat sekitar 87 persen atau menjadi 37.222 orang dibanding tahun lalu.

"Jumlah penumpang yang datang sejak operasi Lebaran dimulai hingga hari ini (Selasa) mengalami peningkatan sekitar 87 persen dari tahun lalu," kata Manager Operasional Bandara Halim Perdanakusuma Ibut Astono, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan jumlah penumpang hingga Selasa pukul 13.30 WIB dari Senin (21/7) itu diangkut oleh 495 pesawat terbang.

Dikatakannya, meski lonjakan penumpang arus balik diprediksi sudah lewat, namun pihak bandara masih menyiagakan posko Lebaran di depan terminal keberangkatan dan kedatangan.

"Rencananya hari ini (Selasa) operasi Lebaran di Bandara Halim Perdana Kusuma akan diakhiri karena prediksi kami arus balik hanya akan terjadi sampai saat ini," kata Ibut.

Ia menambahkan penumpang yang tiba di bandara tersebut berasal dari beberapa kota di Jawa, Kalimantan dan Sumatera seperti Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung, Pontianak, Palembang dan Lampung. Sementara itu di rentang waktu yang sama ada 42.205 penumpang berangkat dari Jakarta menggunakan 502 pesawat.

Bandara Halim Perdanakusuma pada tahun ini untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersial tujuan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.(*)

Pewarta: Ricky Prayoga/Ahmad Buchori
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014