Merak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten menyebutkan cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara aman bagi penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung.

"Kami memperkirakan cuaca di Selat Sunda malam ini membaik," kata Nindya Kirana saat ditemui di Posko BMKG Banten di Pelabuhan Merak, Selasa.

Menurut dia, saat ini cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, relatif normal dengan ketinggian gelombang berkisar 0,5-1,5 meter.

Kecepatan angin berkisar antara lima sampai 10 knot atau 20 kilometer /jam.

Tiupan angin bergerak dari arah timur dengan suhu udara di Perairan Merak-Bakauheni berkisar 24-32 derajat celcius.

Sedangkan, kelembapan diprediksi mencapai 50-99 persen.

Namun, diperkirakan kondisi Perairan Selat Sunda berpeluang hujan sore hi8ngga malam hari dengan kapasitas ringan.

Selain itu juga jarak pandang lima sampai delapan kilometer.

"Kami menjamin tiga hari ke depan cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal untuk penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung," katanya menjelaskan.

Humas PT ASDP Merak Mario S Oetomo mengatakan selama beberapa hari terakhir ini cuaca Perairan Selat Sunda normal dan tidak menimbulkan gelombang tinggi. Karena itu, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar tanpa hambatan.

"Saya kira membaiknya cuaca itu penyeberangan Merak-Bakauheni ditempuh selama dua jam juga kondisinya lancar dan tepat waktu kedatangan kapal bersandar di pelabuhan," katanya.(*)

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014