Hotel atau penginapan untuk tamu yang datang pada even nasional itu sudah disiapkan baik di Kota Sorong maupun di Kabupaten Raja Ampat,"
Manokwari (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Papua Barat, memastikan persiapan pagelaran Sail Raja Ampat yang dijadwalkan pada 23-24 Agustus 2014 sudah mencapai 90 persen.

"Hotel atau penginapan untuk tamu yang datang pada even nasional itu sudah disiapkan baik di Kota Sorong maupun di Kabupaten Raja Ampat," kata Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Papua Barat, Nataniel Mandacan, yang ditemui di Manokwari Rabu.

Ia mengatakan, transportasi laut dari Kota Sorong menuju Kabupaten Raja Ampat sudah siap melayani tamu yang bakal berdatangan ke Raja Ampat mulai pekan kedua Agustus ini.

Nataniel mengatakan, untuk pagelaran wisata bahari tersebut selain panitia nasional, Pemerintah Provinsi Papua Barat juga membentuk panitia lokal di Raja Ampat untuk mendukung suksesnya kegiatan nasional itu. Segala kebutuhan terkait kegiatan panitia lokal berkoordinasi dengan panitia pusat.

"Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat sebagai panitia lokal penyelenggara Sail Raja Ampat memastikan kesiapan iven nasional itu sudah mencapai 90 persen,"tamba Natanie.

Dia lebih lanjut mengatakan, rencana pada 8 Agustus beberapa Menteri akan berkunjung ke Raja Ampat untuk mengecek kesiapan menjelang kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menghadiri pembukaan kegiatan tersebut.

Presiden SBY dijadwalkan membuka acara Sail Raja Ampat pada 23 Agustus, keesokan harinya pada 24 Agustus bertolak ke Manokwari untuk meresmikan patung pekabaran Injil di Pulau Mansinam, ibu kota Provinsi Papua Barat pada 25 Agustus dan kembali ke Jakarta pada 26 Agustus.

Undangan untuk kegiatan Sail Raja Ampat, jelas Nataniel, kewenangan panitia pusat sehingga pemerintah provinsi belum mengetahui siapa-siapa saja dan dari negara mana saja yang di undang untuk menghadiri iven di Raja Ampat tersebut.

"Namun berdasarkan informasi yang diperoleh kegiatan Sail Raja Ampat akan dihadiri beberapa tamu dari luar negeri," ujar Nataniel menjawab pertanyaan pers.
(KR-EBK/A029)

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014