Jakarta (ANTARA News) - Penjualan seragam sekolah di Toko Kurnia Jaya, Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, meningkat 500 persen memasuki awal tahun ajaran baru 2014.

"Biasanya penjualan seragam per harinya hanya Rp10 juta namun saat ini per hari bisa Rp50 juta - Rp70 juta," kata Mulyana, pemilik toko Kurnia Jaya, Rabu.

Ia mengatakan, penjualan baju seragam SD, SMP, dan SMA sama larisnya pada tahun ini dengan harga jual Rp30.000 sampai Rp50.000 per baju.

Mulyana menambahkan selain seragam sekolah, aksesoris sekolah seperti dasi, topi dan ikat pinggang juga mengalami peningkatan penjualan.

Di toko tersebut juga menjual seragam sekolah swasta seperti seragam sekolah Al-Azhar dan Muhammadiyah dan seragam pramuka yang juga mengalami peningkatan penjualan.

"Kurnia Jaya juga mendistribusikan seragam sekolah keluar kota Jakarta seperti Sukabumi, Yogyakarta, Surabaya dan Padang," kata Mulyana.

Sementara itu, penjualan buku dan alat tulis di Toko Surya, Bintaro, Jakarta Selatan, meningkat hingga 300 persen dari Rp500.000 per hari menjadi Rp1.500.000 karena memasuki tahun ajaran baru.

"Yang paling banyak dibeli itu buku, pensil, pulpen, penghapus, Tipe-x, dan tempat pensil," kata Indah Widia, penjaga Toko Surya.

Ia menambahkan sampul buku seperti sampul kertas dan kado juga mengalami peningkatan pada saat tahun ajaran baru.

(A023/Z002)

Pewarta: Hafidz Mubarak/Ahmad Buchori
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014