Genewa (ANTARA News) - Jumlah korban tewas wabah Ebola terburuk di dunia telah meningkat menjadi 932 setelah 45 pasien meninggal antara 2-4 Agustus, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam satu pernyataan Rabu.

Jumlah tersebut diduga, kemungkinan atau kasus yang dikonfirmasi naik lebih 108 pada periode yang sama menjadi 1.711.

Kematian baru dilaporkan, 27 orang di Liberia, yang telah memiliki 516 kasus dan 282 kematian akibat penyakit ini sejak wabah dimulai Februari.

Guinea, di mana wabah itu pertama kali dilaporkan, memiliki 10 kasus baru dan lima kematian, sedangkan jumlah kasus di Sierra Leone

naik 45 menjadi 691, dengan 13 kematian baru dilaporkan, menjadikan korban tewas mencapai 286.

Di Nigeria, negara keempat yang terpengaruh, jumlah dugaan kasus naik 4 sampai 9 orang.

Data WHO termasuk satu kematian di Nigeria, seorang pria yang pingsan tak lama setelah ia tiba dengan pesawat dari Liberia, melalui Ghana dan Togo.

Tetapi seorang perawat yang merawatnya juga meninggal, kata menteri kesehatan Nigeria Rabu.

Angka-angka WHO juga tidak mencakup penyebutan Saudi Saudi, di mana seorang pria meninggal pada Rabu setelah kembali dari perjalanan bisnis ke Sierra Leone.

WHO mengadakan pertemuan Komite Darurat Rabu dan Kamis untuk memutuskan apakah wabah merupakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional dan, jika demikian, apa yang harus dilakukan tentang hal itu.

Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan, menjelaskan kepada perwakilan nasional Selasa. Pernyataan WHO menguraikan tiga tanggapan: mengintensifkan langkah-langkah di empat negara yang terpengaruh, langkah-langkah untuk mengurangi penyebaran internasional, dan pengobatan satu wilayah Afrika Barat sebagai "sektor bersatu".

Kawasan itu - di perbatasan Sierra Leone, Guinea dan Liberia - akan tunduk pada "tindakan kesehatan masyarakat yang dimaksudkan untuk mengurangi gerakan masuk dan keluar dari wilayah tersebut", kata pernyataan itu.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014