Pemerintah harus melakukan evaluasi menyeluruh agar layanan transportasi laut menjadi lebih baik,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR-RI, Arwani Thomafi mengatakan pelayanan angkutan laut di Indonesia perlu ditingkatkan agar diminati masyarakat sehingga moda transportasi itu makin hidup, khususnya saat mudik dan balik Lebaran.

"Pemerintah harus melakukan evaluasi menyeluruh agar layanan transportasi laut menjadi lebih baik," katanya di Jakarta, Kamis.

DPR terpilih masa bakti 2014-2019 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menambahkan, permasalahan pelayanan berakar dari kurang memadainya infrastruktur di sejumlah pelabuhan.

"Di sejumlah pelabuhan terjadi over capacity sehingga antrean kapal menjadi panjang, proses bongkar muat juga lama pada akhirnya pelayanan menjadi tidak maksimal," katanya.

Dia menjelaskan, lamanya proses kapal merapat serta lambatnya proses bongkar muat tersebut mengurangi efektivitas pengguna sehingga mereka menggunakan sarana transportasi lain.

Waktu tempuh juga menjadi masalah tersendiri yang mengurangi minat pengguna angkutan kapal laut. "Lamanya perjalanan akhirnya membuat orang tidak menyukai transportasi ini," katanya.

Padahal, dia mengatakan, Indonesia adalah negara kepulauan. Angkutan laut harusnya menjadi salah satu transportasi utama, bukan transportasi alternatif seperti sekarang ini.

Karena itu dia berharap pemerintah yang akan datang dapat mempopulerkan transportasi laut kepada masyarakat dengan menitik beratkan kepada peningkatan pelayanan.

"Tingkatkan efektifitas pelabuhan, benahi infrastruktur, serta gandeng dunia usaha untuk menemukan pola yang tepat untuk memajukan transportasi laut," katanya.(*)

Pewarta: Akbar Nugroho Gumay/Ahmad Buchori
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014