Jakarta (ANTARA News) - Menpora Roy Suryo meninjau latihan persiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Lapangan PP PON Cibubur, Jakarta, Kamis.

Siaran pers Humas Kemenpora menyebutkan di Jakarta, Kamis, menyebutkan kehadiran Menpora pada latihan Paskibraka itu didampingi Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto.

Menpora juga didampingi Kasgarta Brigjen Lodewyk Pusung, Ketua KONI Pusat Tono Suratman, Ketua Satlak Prima Suwarno.

Sebelumnya telah dibuka secara resmi pelatihan Paskibraka di PP PON Cibubur, Jakarta Timur pada Jumat (01/8) lalu oleh Menpora Roy Suryo dan telah terpilih para pemuda dan pemudi terbaik bangsa.

Latihan Gabungan Paskibraka, TNI/Polri dalam Persiapan Upacara 17 Agustus 2014 yang dihadiri Menpora Roy Suryo beserta rombongan itu menurut Deputi II Kemenpora Bidang Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara menjadikan para anggota Paskibraka lebih bersemangat dan giat berlatih.

"Kami optimis penyelenggaraan Peringatan HUT RI ke-69 yang dilaksanakan oleh adik-adik Paskibraka akan berjalan lancar dan sukses karena saya berkoordinasi terus dengan Kasgarta Brigjen Lodewyk Pusung bahwa dengan metode seleksi yang dilakukan telah dapat memperoleh bibit-bibit yang terbaik dari Peserta Paskibraka kita," katanya.

Ia berharap penyelenggaraan Paskibraka tahun 2014 akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sementara itu Brigjen Lodewyk Pusung menyatakan bahwa persiapan telah dilakukan beberapa bulan yang lalu dari tim Kemenpora dan Tim Garnisun telah menyeleksi mereka di tingkat daerah mulai dari kabupaten hingga provinsi.

"Di tingkat provinsi kami memilih empat orang untuk dikirimkan ke pusat, kemudian di tingkat pusat dilakukan seleksi lagi yang materinya meliputi psikologi, tes akademik, kesehatan dan jasmani," katanya.

Lebih jauh Brigjen Lodewyk Pusung menjelaskan bahwa dari empat terpilih masih harus diseleksi kembali menjadi dua orang di tiap provinsi.

"Saat ini tinggal perwakilan satu pasang di tiap provinsi yang kita latih siang dan malam. Kami optimis dan mohon doa restu juga agar tugas mulia ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses," katanya.

(A020/A039)

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014