Jakarta (ANTARA News) - Pengamat ekonomi Universitas Paramadina Jakarta Else Fernanda Meizon menilai mantan Menteri Perindusrian dan Perdagangan Rini M Soemarno berpeluang besar menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pemerintahan mendatang.

"Jika mencermati dari nama-nama yang muncul sebagai kandidat menko perekonomian pada laman jokowicenter, saya melihat Bu Rini memiliki peluang besar," kata Else kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Nama-nama lain kandidat Menko Perekonomian adalah Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menko Perekonomian Chairul Tanjung dan mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Menurut Fernanda, Rini adalah figur senior berkapasitas mumpuni, berpengalaman luas dan dekat dengan elite parpol pengusung Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Ia menjelaskan Rini memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dari Amerika Serikat dan berpengalaman lengkap di sektor swasta serta pemerintahan pada era pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

"Dengan pengalaman yang lengkap tersebut, saya melihat Bu Rini mampu membuat keputusan yang tepat dan cermat," kata dia.

Pendiri Post Graduate Islamic Economic Banking and Finance Universitas Paramadina itu juga melihat Rini memiliki hubungan personal yang cukup dekat dengan PDIP, terutama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Jika melihat kinerjanya, kata Fernanda, sebenarnya menko perekonomian saat ini, Chairul Tanjung, juga cukup baik.

Meskipun hanya memiliki waktu beberapa bulan hingga pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berakhir pada Oktober 2014, Fernanda melihat Chairul Tanjung berusaha bekerja sebaik mungkin.

Sedangkan Iwan Jaya Azis dinilai Feranda kurang berpengalamana dalam pemerintahan, sebaliknya Dahlan Iskan memiliki kekuragan pada aspek keilmuan ekonomi.



Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014