Kami akan menunggu sedikit lebih lama, agar dia mampu membuat keputusan akhir
Seoul (ANTARA News) - Bert van Marwijk tampaknya akan menjadi pelatih Korea Selatan, setelah Lee Young-soo menegaskan telah berbicara dengan pelatih asal Belanda itu.

Lee, kepala komite teknis Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengatakan pada Kamis, (7/8), bahwa dia telah mengunjungi Van Marwijk di Amsterdam untuk menggantikan Hong Myung-bo.

Hong mengundurkan diri setelah menunjukkan penampilan mengecewakan di Piala Dunia 2014. Timnas Korsel hanya mengoleksi satu poin. Van Marwijk terlihat berada di deretan teratas dari tiga kandidat pelatih yang dipegang KFA.

"Kami akan menunggu sedikit lebih lama, agar dia mampu membuat keputusan akhir," kata Lee seperti dilansir di Four Four Two.

"Negosiasi ini akan selesai kira-kira seminggu."

Ia menimpali, "Saat ini, keputusan Van Marwijk menjadi faktor yang paling penting dalam mensukseskan kesepakatan ini."

Van Marwijk akan melanjutkan tradisi pelatih Belanda yang membesut Korea Selatan. Ia menjadi pelatih Belanda, sejak Pim Verbeek keluar pada 2007.

Guus Hiddink dikenal sebagai pelatih yang mampu membawa Korea Selatan melaju ke semi-final pada Piala Dunia 2002. Hasil itu merupakan hasil terbaik yang pernah di raih negara asal Asia di panggung akbar sepak bola.

Sejak Hiddink mengundurkan diri, ada tiga pelatih Belanda yang menangani, yakni Jo Bonfrere, Dick Advocaat dan Verbeek.

Setelah Verbeek, Korea Selatan dibesut empat pelatih dari negara sendiri, tetapi setelah Hong, KFA mengabarkan tiga daftar nama pelatih berasal dari luar negeri.

Van Marwijk terakhir kali melatih Hamburg tetapi dipecat pada Februari setelah hanya 143 hari membesut tim itu.

Pelatih 62 tahun itu membawa Belanda ke putaran final Piala Dunia 2010, tetapi kalah 1-0 atas Spanyol di tambahan waktu.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014