Jakarta (ANTARA News) - Ajang pegiat modifikasi Kustomfest resmi mengumumkan 10 peserta yang menjadi finalis dalam "Cleveland CycleWerks Bike Build Off" dan akan mengadu hasil kebolehan kreativitas mereka dalam acara puncak Kustomfest 2014 di Yogyakarta 11-12 Oktober mendatang.

"Tim seleksi kami menerima 50 rancangan desain ada dua yang tidak diikutkan karena melampaui batas pengiriman desain, dan sekarang kami sudah pilih 10 desain terbaik," kata Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi, di Jakarta, Jumat.

Selama proses seleksi kompetisi yang berlangsung pada 12 Juni hingga 12 Juli 2014 sedikitnya 50 desain modifikasi motor berbasis Cleveland CycleWerks Heist masuk dari berbebagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, dan Bali.

Dari 50 desain itu dipilih 10 builder finalis yakni Graha Motor Works, Gearhead Monkey Garage, Baru Motor Sport (BMS), Studio Motor dan Biker Station dari Jakarta, Daritz Design dan Micho Custom (Yogyakarta), 99 Custom Choppers dan Lemb Inc (Bandung), serta Wins Paddock (Purwokerto).

Para finalis berhak atas satu unit Cleveland CycleWerks Heist dan uang anggaran modifikasi sebesar Rp20 juta, serta diharuskan menyelesaikan pekerjaan mereka dengan tepat waktu sehingga hasilnya dapat turut dipamerkan sekaligus dipresentasikan pada gelaran Kustomfest 2014 di Yogyakarta.

"Selepas pengumuman resmi ini, pengiriman motor untuk masing-masing builder akan dilakukan dan hasilnya harus sudah ada pas Kustomfest 2014 berlangsung," kata Lulut.

"Ini bukan sekadar soal kustom dan desain, tetapi tantangan utama kami adalah manajemen builder soal ketepatan waktu pengerjaan.

"Sebab, selama kurun waktu dua bulan ke depan mereka juga pasti mendapatkan order dari klien-klien di tempat masing-masing, maka di situ diuji kemampuan memanajemen waktu, menyempatkan waktu untuk mengerjakan untuk yang kompetisi ini."

Oleh karena itu pula, lanjut Lulut, selama proses penyeleksian kiriman desain yang masuk ke meja tim seleksi tidak melulu memperhatikan kemumpunian desain yang dituangkan dalam gambar, tetapi juga mengevaluasi kemampuan builder merealisasikan desain.

"Kami melakukan survei sejauh mana hasil mereka, sebab kalau cuma desain nanti malah jadi seperti lomba gambar," katanya.

Sementara itu, pihak sponsor utama yang merelakan 10 unit motornya diutak atik oleh para builder, PT Javas CycleWerks Indonesia selaku pemegang merk Cleveland di Indonesia, mengaku antusias dengan hasil-hasil dari desain yang akan ditampilkan para builder di Kustomfest 2014.

"Kustomfest kami lihat sebagai sesuatu yang sudah mumpuni untuk skena kustom di Indonesia sehingga menjadi ajang tepat untuk memperkenalkan kehadiran Cleveland secara resmi di Indonesia," kata CEO PT Javas CycleWerks Indonesia, Dhani Yahya.

Hasil build off 10 finalis itu nantinya akan dinilai oleh tiga orang juri pada Kustomfest 2014, builder kenamaan Roland Sands yang juga merupakan brand ambassador Cleveland, CEO Cleveland CycleWerks Scott Colosimo dan Lulut selaku Direktur Kustomfest sekaligus builder kenamaan nasional bersama Retro Classic Cycles.

Dari 10 finalis itu nanti akan dipilih tiga juara yang akan masing-masing akan mendapatkan trofi beserta uang tunai Rp3 juta untuk Juara I, Rp2 juta untuk Juara II dan Rp1,5 juta untuk Juara III.

Juara I juga nantinya akan diterbangkan ke Jepang, menyaksikan festival kustom akbar "23rd Annual Mooneyes - Yokohama Hot Rod Custom Show 2014" pada Desember nanti.

Sementara 7 (tujuh) kontestan finalis akan mendapatkan hadiah dan penghargaan khusus dari Cleveland CycleWerks Indonesia dan Kustomfest.
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014