Nyon (ANTARA News) - Badan sepak bola Eropa pada Jumat mengesahkan penggunaan semprotan penanda untuk mengawasi tendangan-tendangan bebas di pertandingan-pertandingan Liga Champions dan Liga Europa dari awal musim 2014/2015.

"Semprotan ini sangat berguna," kata presiden UEFA Michel Platini setelah keluarnya keputusan dari komite wasit UEFA untuk mengesahkan penggunaan semprotan.

Busa ramah lingkungan, yang akan segera hilang dalam waktu semenit, disemprotkan ke lapangan oleh para wasit untuk menandai di mana tendangan bebas semestinya dan jarak 9,15 meter dari dinding pemain dapat dipatuhi seutuhnya.

Hal itu dinilai sukses setelah digunakan pada Piala Dunia di Brazil dan telah diadopsi oleh Liga Inggris dan Liga Prancis.

"Setelah ujian yang sukses pada Piala Eropa U-17 2014 di Malta, saya senang bahwa Komite Wasit memutuskan untuk mengesahkan penggunaan semprotan penanda pada kompetisi-kompetisi senior kami," kata Michel Platini.

"Seperti yang kita lihat di Piala Dunia, semprotan ini sangat berguna dalam membantu wasit di situasi-situasi tendangan bebas, dan saya yakin kami akan melihat hasil-hasil serupa dalam pertandingan-pertandingan kami musim ini."

Ketua petugas perwasitan UEFA Pierluigi Collina menambahi, "Kami awalnya mendiskusikan pengenalan semprotan penanda dengan semua wasit papan atas UEFA pada kursus musim dingin kami di Lisbon Februasi silam dan kemudian mengujinya di Malta pada Piala Eropa U-17 2014 pada Mei."

"Mengikuti ujian yang sukses dan persetujuan Komite Wasit, kami akan menggunakan semprotan itu pada Piala Super Eropa pekan depan."

"Dalam opini saya, tidak diragukan lagi bahwa semprotan ini akan membuat para wasit untuk lebih mudah mengendalikan situasi-situasi tendangan bebas, sehingga para pemain tidak dapat berusaha untuk membuat jarak dinding menjadi lebih pendek dengan menggunakan apa yang mereka sebut taktik penguin walk."

"Saat dinding pertahanan telah berada di posisi yang tepat, tendangan bebas akan dapat diambil dengan berdasarkan pada jarak itu."

Semprotan itu akan digunakan untuk pertama kalinya di kompetisi klub Eropa pada pertandingan Piala Super UEFA antara Real Madrid melawan Sevilla di Cardiff pada 12 Agustus.

Semprotan itu kemudian akan digunakan di Liga Champions mulai dari fase playoff, dan di Liga Europa pada awal fase grup. Semprotan itu juga akan digunakan pada pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016, yang dimulai pada September. Demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014