Saya mengerti keprihatinan yang disampaikan oleh sektor pertanian UE
Brussels (ANTARA News) - Komisaris Uni Eropa (UE) Urusan Pembangunan Desa dan Pertanian pada Jumat (8/8) mengatakan UE memiliki piranti baru dan modern untuk mendukung negara anggotanya menanggulangi larangan yang diberlakukan oleh Rusia atas eksport makanan dan pertanian UE.

"Saya mengerti keprihatinan yang disampaikan oleh sektor pertanian UE. Saya ingin menggaris-bawahi bahwa Kebijakan Pertanian Bersama memiliki alat baru dan modern untuk mendukung mereka, segera setelah itu diperlukan, termasuk cadangan krisis kami, yang sudah tersedia sekarang," kata Komisaris Dacian Ciocos di dalam satu pernyataan.

Ia juga menyampaikan keyakinan bahwa sektor pertanian UE, yang ulet, akan dengan cepat menata diri kembali ke arah kesempatan dan pasar baru, demikian laporan Xinhua,Sabtu siang. "Namun harus ada dukungan untuk membantu peralihan ini berjalan mulus. Ini memerlukan reaksi Eropa yang terpadu," ia menambahkan.

Pada Kamis (7/8), Moskow akan melarang import buah, sayuran, daging, ikan, susu dan produk susu dari Amerika Serikat, UE, Australia, Kanada dan Norwegia.

Tindakan tersebut diambil sebagai pembalasan atas sanksi Barat terhadap Moskow sehubungan dengan krisis di Ukraina.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014