Pattaya (ANTARA News) - Mitsubishi menyertakan mobil hybrid ramah lingkungan dengan kombinasi sumber energi baterai (listrik) dan bahan bakar premium pada Asia Cross Country Rally (ACCR) 2014 di Pattaya, Thailand, Sabtu (9/8).

Mobil Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) berlaga di ACCR 2014, pada 9-15 Agustus dan akan melintasi jarak sepanjang 2.200 km dari Pattaya Thailand menuju Kamboja.

"Sungguh bagus, mobil model begini aku pastikan bisa sangat tangguh saat melewati jalanan berlumpur, terjal atau menukik," kata Duta Balap Mitsubishi Rifat Sungkar yang ikut menyaksikan uji coba mobil keren itu di Bira International Circuit Pattaya.

Pebalap nasional Rifat Sungkar menambahkan, biasanya untuk jarak 0-50 km, mobil PHEV menggunakan tenaga baterai, selanjutnya di atas jarak 50 km baru menggunakan BBM bensin.

Mobil kombinasi baterai dan bensin itu bersistem kerja jika baterai habis dayanya, maka mesin langsung mengisinya ketika mesin menggunakan BBM bensin, katanya.

Ketika ditanya mobil berbahan bakar kombinasi baterai dan BBM itu apakah akan diaplikasikan untuk mobil penumpang di Indonesia?

"Ya, itu impian semua orang. Prinsipnya Mitsubishi siap kalau regulasi pemerintah mendukung dan animo masyarakat bagus, " kata Intan Vidiasari, Head of MMC Public Relation Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

Sementara itu, Yasuo Tanaka, Teknisi Ahli dari Mitsubishi Motor Corporaton (MMC) Jepang mengatakan, mobil tersebut lajunya juga kencang karena berat bodinya 100 kilogram lebih enteng dibanding mobil rally pada umumnya.

"Pengurangan berat itu karena kaca dan bodinya berbahan lebih ringan. Kaca diganti fiber, bodinya berbahan serat karbon," katanya.

ACCR 9-15 Agustus 2014 diikuti oleh 31 pebalab mobil di Asia dan 16 pebalap dari Asia mengikuti rally yang menempuh 2.200 km dengan enam etape dari Thailand menuju Kamboja.(*)
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014