Toronto, Kanada (ANTARA News) - Jo-Wilfried Tsonga menang 6-4, 6-3 dari petenis muda Grigor Dimitrov untuk mencapai final pertamanya pada Toronto Masters.

Petenis Prancis berusia 29 tahun itu akan menghadapi antara juara dua kali turnamen ini Roger Federer atau petenis Spanyol Feliciano Lopez.

Tsonga merebut juara Masters di Paris Bercy pada 2008, namun kalah di Paris dan London pada dua final melawan Federer.

"Saya sudah menantikan momen ini sejak beberapa tahun hingga kini," kata dia. "Akhirnya saya diganjar sedikit penghargaan (dengan kemenangan ini), itu baik bagi saya, yakinnya itu membuat saya lebih kuat, mempertahankan motivasi saya pada level tertinggi."

Tsonga mencapai semifinal setelah menumbangkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dan juara Wimbledon 2013 Andy Murray pada dua babak sebelumnya.

Tsonga tengah memburu trofi kesebelasnya. Dia punya catatan menang kalah 5-11 melawan Federer, sedangkan dengan Lopez 5-0.

Sementara itu Dimitrov yang baru berusia 23 tahun mengaku konsentrasinya turun pada waktu yang salah.

"Dia memainkan pertarungan yang bagus, namun saya kira saya tidak meningkatkan level pada cara yang saya inginkan," kata petenis Bulgaria ini seperti dikutip AFP. "Tetap saja saya harus mengambil sisi positifnya."



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014