Temanggung (ANTARA News) - Wakil Ketua Fraksi PKB DPR RI, Abdul Kadir Karding, mengatakan DPP PKB telah menyiapkan 10 nama yang akan diusulkan sebagai calon menteri dalam kabinet Jokowi-Jusuf Kalla jika pasangan itu menjadi presiden dan wakil presiden.

"Berdasarkan petunjuk Pak Muhaimin, beliau telah menyiapkan 10 nama kader yang akan dicalonkan menjadi menteri. Akan tetapi, kami tidak tahu siapa nama-nama orang tersebut," katanya di Temanggung, Minggu.

Ia mengatakan hal tersebut usai menggelar pertemuan rapat dengar pendapat di Graha Mina Bhakti, Pasar Ikan Dangkel, Parakan, Temanggung.

Sebagai partai pengusung, kata dia, PKB memiliki kewenangan mengajukan nama-nama menteri. Namun, keputusan diterima atau tidaknya 10 nama tersebut sepenuhnya menjadi wewenang Jokowi-JK.

Menanggapi Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR) yang dipublikasikan, nama Abdul Kadir Karding muncul sebagai salah satu kandidat, menurut dia hal itu sepenuhnya wewenang rakyat.

Sebagai anggota DPR RI, kata dia, pihaknya tidak akan mengosentrasikan diri untuk merebut kursi menteri.

"Terima kasih atas kepercayaan rakyat, hal itu hak rakyat memberikan mandat kepada saya, yang pasti saya sedang konsentrasi untuk muktamar dan belum membicarakan soal itu," katanya.

Karding mengatakan, dalam Muktamar PKB nantinya, Muhaimin Iskandar dijagokan kembali untuk memimpin partai berlambang bola dunia dengan sembilan bintang tersebut.

Ia menilai Muhaimin mampu membawa roda partai menuju kemenangan yang gemilang dalam beberapa pesta demokrasi.

"Pak Muhaimin bisa menjadikan partai anak muda yang progresif dan maju. Kami lihat banyak sekali kemenangan-kemenangan besar di kepemimpinan beliau," katanya.

Selain tengah berkonsentrasi pada muktamar, dia juga tengah menggodok UU Pertembakauan yang telah sampai ke meja presiden. Hasil Balegnas lalu telah membawa RUU Pertembakauan untuk dikaji presiden sebelum dibentuk tim selanjutnya hingga penetapan.

(H018/D007)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014