Jayapura (ANTARA News) - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengatakan Lukas "Lukman" Mandowen, pemain yang berposisi sebagai penyerang tidak bisa diturunkan saat timnya menghadapi Persiba Balikpapan di stadion Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (11/8) sore dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2014.

"Pemain yang sudah dipastikan tidak dapat tampil hanya satu, yakni Lukas Mandowen. Dan semua pemain lainnya dalam kondisi yang siap," kata Jacksen dalam rilis yang dikirimkan kepada ANTARA Jayapura, Minggu malam.

Ia mengatakan dalam tim Persipura Jayapura terdapat sejumlah pemain yang bisa diturunkan untuk mengisi tempatnya Lukas. Sehingga tidak menjadi kendala saat Mutiara Hitam julukan Persipura akan bersua Beruang Madu, julukan Persiba Balikpapan pada Senin sore.

"Nanti fokus kita di dalam meeting baru kita akan menggambarkan secara utuh bagaimana sebuah tim itu bertanding termasuk pemain-pemainnya," katanya tanpa merinci siapa yang akan dimainkan menggantikan Lukas.

Jacksen juga sampaikan soal padatnya jadwal pertandingan bukanlah hal yang baru karena tim Persipura sudah sering alami.

"Pemain sering mendapatkan jadwal pertandingan yang padat dengan rutinitas waktu yang sangat sedikit untuk beristirahat. Tapi kami siap untuk hal seperti ini, tentunya dengan taktik dan strategi yang tepat," katanya.

Mengenai, kapten tim Boaz TE Salossa apakah akan menjadi tumpuan di lini depan tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu, Jacksen sampaikan jika top skor musim lalu itu merupakan pemain kunci kami Persipura.

"Boaz pemain kunci kami, tapi kami datang ke sini adalah sebuah tim. Jadi kita bicara tim bukan individu. Dan kami menyiapkan tim secara sama sehingga di saat Boaz dikawal secara rapat ada pemain lain yang akan mampu menuntaskan tugasnya di lapangan," katanya.

Jacksen juga mengatakan tidak ada pemain Persiba yang patut diistimewa, tetapi bentuk dan gaya permainan tim lawan yang patut diwaspadai.

"Fokus saya adalah tim dan bola itu mengalir dari belakang hingga depan. Di dunia saat ini pemain seperti Messi tidak akan mampu dribling dari belakang sampai depan makanya itu ada 11 pemain yang bermain dan saling membantu. Dan kami harus waspadai sistem pertandingan dari Persiba secara menyeluruh," kata mantan pelatih Persiter Ternate itu.

Pelatih yang telah mempersembahkan tiga gelar juara liga dan sejumlah tropi bagi Persipura Jayapura itu tidak menyinggung soal perkembangan cedera Imanuel Wanggai dan Robertino Pugliara, apakah sudah bisa dimainkan atau tidak.

Ia hanya menyampaikan bahwa target tim Persipura dalam pertandingan lawan Persiba adalah mengoleksi poin agar lolos ke babak delapan besar.

"Target kami, lolos ke babak delapan besar. Tujuan kita itu, mau menang di Balikpapan atau di Jayapura atau dimana saja hanya satu tujuan kita lolos ke babak delapan besar," katanya.

"Dan tidak ada tempat yang kami istimewakan. Kami punya rencana dari awal hingga akhir kompetisi. Kita menyipkan tim untuk yang terbaik dan apa yang terjadi di lapangan kita kembalikan kami dan jalannya pertandingan," katanya.

(KR-ARG)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014