Jakarta (ANTARA News) - Simon Santoso melengkapi daftar atlet Indonesia yang berlaga pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2014 di Kopenhagen, Denmark, 25-31 Agustus, setelah sebelumnya hanya masuk daftar tunggu urutan pertama.

Informasi yang diperoleh di Jakarta, Senin, menyebutkan Simon Santoso mendapatkan tiket ke kejuaraan dunia setelah atlet asal Tiongkok, Du Pengyu, mengundurkan diri akibat cedera.

Dengan demikian, ada dua pemain tunggal putra yang menjadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia, yakni Simon Santoso dan Tommy Sugiarto.

"Saya bersyukur akhirnya bisa lolos meski sebelumnya hanya masuk daftar tunggu. Saya sebelumnya tetap mempersiapkan diri dengan baik dan mudah-mudahan bisa tampil maksimal," kata Simon seperti dilansir tim media PBSI.

Berdasarkan hasil undian yang berlangsung di Hotel Berjaya Times Square, Kuala Lumpur, Malaysia, Simon Santoso yang bergabung di PB Tangkas Jakarta ini menempati unggulan ke-8.

Pada babak pertama, juara Singapura Super Series 2014 ini akan berhadapan dengan atlet asal Spanyol, Pablo Abian. Simon pernah bertemu sekali dengan atlet tersebut saat Kejuaraan Dunia 2007 dan menang 21-18, 21-15.

"Pada pertemuan pertama saya memang menang. Namun, saya tak mau menganggap enteng lawan. Biasanya pemain Eropa kalau bertanding di Eropa tidak mudah untuk dikalahkan," kata Simon.

Dengan lolosnya Simon Santoso, secara keseluruhan Indonesia mengirimkan 24 pemain ke Denmark. Hanya saja, ganda campuran terbaik Indonesia sekaligus juara bertahan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, absen, karena lebih memilih fokus dalam persiapan Asian Games 2014.

Lolosnya Simon Santoso juga disambut gembira Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Gita Wirjawan dan berharap peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Selamat kepada Simon yang akhirnya lolos ke Kejuaraan Dunia 2014. Semoga Simon dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan menorehkan prestasi membanggakan di kejuaraan ini," katanya.

Berikut daftar pebulu tangkis Indonesia yang lolos ke Kejuaraan Dunia 2014:

- Tunggal Putra: Tommy Sugiarto, Simon Santoso

- Tunggal Putri: Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty

- Ganda Putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan, Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon

- Ganda Putri: Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia

- Ganda Campuran: Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet, Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta, Praveen Jordan/Debby Susanto.

(B016/D010)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014