Jakarta (ANTARA News) - Komikus asal Belanda, Peter van Dongen, hari ini resmi meluncurkan edisi gabungan komik "Rampokan" di Jakarta.

Sesuai dengan judulnya,"Rampokan Jawa dan Selebes", Peter hanya menggabungkan dua komik karyanya, yakni "Rampokan Jawa" dan "Rampokan Selebes" dalam satu buku. 

Peter mengatakan, tak ada perbedaan dari sisi cerita antara komik "Rampokan Jawa" edisi pertama yang terbit 2005 lalu dalam Bahasa Indonesia dengan komik kali ini. 

"Perbedaannya pada desain cover buku, tetapi latar belakang gambar pada cover buku sama. Soal cerita, sama," ujar pengagum Herge, pengarang serial komik petualangan Tintin ini dalam peluncuran komik "Rampokan Jawa dan Selebes" di Jakarta, Senin. 

Dalam membuat komik ini, Peter menggunakan teknik gambar yang sama dengan Herge, yakni Ligne Claire. Teknik ini menggunakan garis-garis bersih dan kuat dengan ketebalan yang sama, namun bukan shading. 

Peter membagi komik setebal 168 halaman ini dalam empat bab. Bab pertama dan ke dua mengisahkan tentang "Rampokan Jawa", sementara kisah "Rampokan Selebes" berada di dua bab berikutnya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014