Gareth (Bale) telah menjalani musim yang fantastis. Ia tahu benar atmosfer di Real Madrid... Saya yakin ia mampu tampil makin baik musim ini.
Cardiff (ANTARA News) - Lebih kuat, lebih kokoh, dan lebih cepat, begitu keteguhan hati yang dimiliki oleh pemain berkaliber global ketika bersiap berlaga menghadapi siapa pun lawan. Dia striker andalan Real Madrid, Gareth Bale yang menegaskan kredo kehidupan.

Dengan lebih kuat, setiap lawan bakal mengakui keunggulan. Dengan lebih kokoh, setiap lawan bakal mengakui kehebatan. Dengan lebih cepat, setiap lawan bakal mengalami kedodoran. Bukankah setiap tim yang berlaga menanti tuah dari kredo-kredo itu.

Dan Bale menyatakannya secara gamblang ketika skuatnya siap berlaga melawan Sevilla dalam ajang Piala Super Eropa yang digelar di Stadion Cardiff City, pada Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Menyandang predikat sebagai striker "Los Merengues", Bale menunjukkan penampilan yang kuat, kokoh, dan cepat baik secara mental maupun fisik. Ini musim kedua pemain asal Wales itu mengenakan kostum Real Madrid.

Dengan tampil lebih kuat, lebih kokoh, dan lebih cepat, bukan tidak mungkin Bale menggantungkan asa di langit prestasi bersama Real Madrid. Ia juga membubungkan rasa kepercayaan diri menjulang selama musim keduanya membela kubu Bernabeu.

Berbekal kredo lebih kuat, lebih kokoh, dan lebih cepat itulah, Bale mampu urun kerja menghantar Madrid keluar sebagai juara Liga Champions dan Copa del Rey. Ini kesempatan baginya untuk membuktikan bahwa kredo lebih kuat, lebih kokoh, dan lebih cepat, diharapkan mampu menundukkan Sevilla.

Bale bukan tanpa optimisme menghadapi musim kompetisi 2014/15. Pembuktiannya justru di hadapan kampung halamannya di Cardiff. Tidak heran bila ia bersiap diri dengan bertekad tampil bersungguh-sungguh.

"Pertandingan ini sungguh luar biasa mengawali musim kompetisi ini, dan bakal berlangsung sengit," katanya kepada para wartawan.

"Saya merasa siap menghadapi awal musim kompetisi ini dengan penuh semangat. Kami ingin meraih kemenangan di setiap kompetisi, dan tidak jadi soal siapa pun yang bakal turun nanti. Kami akan berusaha meraih kemenangan."

Pemain berusia 25 tahun itu mengutarakan bahwa tidak ada yang istimewa ketika menjalani latihan fisik jelang musim kompetisi 2014/15.

"Saya tidak melakoni latihan yang istimewa dalam melakukan persiapan fsisik. Saya berlatih meski hari libur, dengan berlari. Ini porsi yang biasa dalam sesi latihan. Saya telah bekerja keras di musim kompetisi lalu, dan saya berusaha untuk meningkatkannya dari hari ke hari."

"Saya tidak ingin direpotkan dengan hal-hal yang remeh saja," katanya ketika menjawab pertanyaan soal apakah ia akan mencetak gol dalam pertandingan melawan Sevilla.

"Yang terpenting, kami dapat keluar sebagai pemenangan dalam laga Piala Super ini, dan tidak jadi soal, siapa yang nanti mencetak gol."

"Sangat luar biasa dapat kembali ke rumah (ke Cardiff), hanya saja yang terpenting dapat menang dan meraih piala ini. Kami perlu fokus dalam pertandingan nanti, tidak semata-mata bahwa pertandingan ini digelar di kampung halaman saya," katanya juga.

Komentar dua pelatih:
 
Carlo Ancelotti (Real Madrid):
"Saya sangat senang dengan skuat baru ini. Anda dapat meraih kemenangan bersama klub ini. Keyakinan ini hal yang masuk akal saja untuk klub besar seperti Real Madrid. Klub ini telah melakukan daya luar biasa dan kami punya skuat yang lebih baik pada tahun ini. Dengan alasan inilah, kami lebih percaya diri, agar kami mampu meraih prestasi optimal seperti tahun lalu."

"Sevilla sebuah tim yang punya identitas. Hal itu mereka tunjukkan tahun lalu. Mereka mampu melakukan sedikit perubahan di lini gelandang karena mereka punya sejumlah pemain anyar."

"(Cristiano) Ronaldo tampil sangat baik. Ia tidak menghadapi masalah dan mampu melakukan segala hal untuk memenuhi harapan klub dalam pertandingan ini. Masalah-masalah tahun lalu, dapat dilupakan."

"Kroos telah berlatih selama lima hari ini dan ia menjalaninya dengan baik. Saya yakin ia dapat melakoni debutnya dalam pertandingan besok, bersama dengan Rodriguez. Iker (Casillas) akan bermain juga. Ia akan tampil sebaik mungkin sama seperti ketika ia tampil di Liga Champions tahun lalu."

"Gareth (Bale) telah menjalani musim yang fantastis. Ia memulainya tanpa lebih dulu menjalani laga pra-musim. Ia tahu benar atmosfer di Real Madrid, dan tentu saja ia tahu rekan-rekannya dalam tim. Saya yakin ia mampu tampil makin baik musim ini. Ia punya kondisi fisik dan mental yang memadai."

Unai Emery (Sevilla):
"Salah satu penampilan terbaik, ketika kami mampu mengalahkan mereka (2-1 di Sevilla pada Maret). Ini menjadi preseden. Kita bicara mengenai pemenang Liga Champions, meski kami mampu keluar sebagai juara Liga Eropa. Kerjasama tim dengan didukung kemampuan perorangan akan menjadi modal kami menghadapi setiap lawan."

"Kami tahu Madrid, karena mereka kini punya pemain-pemain baru. Kami harus tampil kompak dan pintar agar dapat melakukan serangan yang berkualitas ke lini pertahanan mereka."

"Madrid difavoritkan. Itu jelas. Kami ingin menjalani pertandingan dengan bersungguh-sungguh. Di lini belang, kami tidak akan memberi ruang gerak kepada Cristiano, (Karim) Benzema dan Bale."

"Kami juga tidak akan memberi ruang kepada James di lini tengah, atau membiarkan (Luka) Modric dan Kroos mendikte permainan. Ketika kami menguasai bola, kami harus melakukan serangan balik dengan cepat."

Prakiraan susunan pemain:

Real Madrid (4-2-3-1):
Casillas (penjaga gawang); Carvajal, Ramos, Pepe, Coentrão; Modrić, Kroos; Bale, James, Ronaldo; Benzema.

Sevilla (4-4-2):
Beto (penjaga gawang); Coke, Fazio, Pareja, Alberto Moreno; Carriço, Krychowiak; Reyes, Denis Suárez, Vitolo; Bacca.

Data dan fakta kedua tim:

Real Madrid:
Pemain absen: Xabi Alonso (terkena larangan bertanding), Jesé Rodríguez ( mengalami cedera ligamen)

Sevilla:
Pemain absen: Sebastián Cristóforo (mengalami cedera ligamen), Kevin Gameiro (cedera lutut)
Diragukan dapat tampil: Coke (cedera hidung), Alejandro Arribas

Riwayat pertemuan kedua tim musim lalu:
 
Real Madrid 7-3 Sevilla (Bale 14, 27, Ronaldo 32pen, 60, 71, Benzema 53, 80; Rakitić 38pen, 63, Bacca 40)
Sevilla 2-1 Real Madrid (Bacca 19, 72; Ronaldo 14)

Hasil laga persahabatan:
Manchester United FC 3-1 Real Madrid (Bale 27pen)
Sevilla 2-0 Córdoba CF (Denis Suárez 81, Bacca 84)

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Real Madrid CF 3-1 Sevilla (18,58 persen)
* Real Madrid CF 3-0 Sevilla (14,13 persen)
* Real Madrid CF 4-0 Sevilla (13,54 persen)

Head to Head:

Liga Spanyol ( La Liga):
26 Mar 2014   Sevilla 2 - Real Madrid CF 1     
30 Okt 2013   Real Madrid CF 7 - Sevilla 3     
 9 Feb 2013    Real Madrid CF 4 - Sevilla 1     
15 Sep 2012   Sevilla 1 - Real Madrid CF 0     
29 Mar 2012   Real Madrid CF 3 - Sevilla 0     

Lima laga terakhir:   

Real Madrid CF:
2 Aug 2014     Man Utd. 3 - Real Madrid CF 1   ICC
30 Jul 2014     Real Madrid CF 0 - Roma 1       ICC
26 Jul 2014     Real Madrid CF 1 - FC Internazionale 1   ICC
24 May 2014   Real Madrid CF 4 - Atletico Madrid 1    UCL
17 May 2014   Real Madrid CF 3 - Espanyol 1   LIGA

Sevilla:
25 Jul 2014     Eintracht Braunschweig 1 - Sevilla 2   FR
23 Jul 2014     Olympique Lyonnais 0 - Sevilla 0   FR
26 May 2014   Selangor FA 0 - Sevilla 2  FR
18 May 2014   Sevilla 3 - Elche 1   LIGA
14 May 2014   Sevilla 0 - Benfica 0  EL

Prediksi:

* Real Madrid mengonfirmasikan bahwa Ronaldo akan tampil dalam laga di Cardiff nanti melawan Sevilla. Pemain bintang itu yang kerap menempati posisi sebagai pemain sayap siap berjibaku bersama dengan rekan-rekannya dalam tim, menyusul cedera yang ia alami musim lalu. Merebut trofi Piala Super merupakan salah satu ambisi dari pemain berpaspor Portugal ini.

* Ancelotti akan menurunkan formasi: Ronaldo, Rodriguez, Kroos, Karim Benzema, Gareth Bale dan Luka Modric. Formasi ini bukan tidak mungkin bakal memporakporandakan lini pertahanan Sevilla. Formasi ini sungguh digdaya, karena mereka terbilang sebagai pemain-pemain yang piawai dalam menggempur lawan.

* Akankah Real Madrid mampu mengalahkan Sevilla? Jawabannya terpulang kepada seberapa kuat dan seberapa kokoh pertahanan tim asuhan Emery menghadapi gempuran tim asuhan Ancelotti.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

Real Madrid: 3

Sevilla: 0  

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014