Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian bersama alumni dan mitra Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Sidoarjo menggelar pameran sepatu 12-15 Agustus, sebagai upaya meningkatkan daya saing industri alas kaki di dalam dan luar negeri.

"Melalui pameran sepatu dan alas kaki ini diharapkan dapat memacu kreativitas para pengusaha industri sepatu sehingga hasil kreasi para pelaku IKM binaan BPIPI ini makin dikenal masyarakat luas dan berdaya saing," kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah Euis Saedah di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, industri alas kaki merupakan salah satu sektor strategis karena mampu menyerap banyak tenaga kerja, memenuhi kebutuhan sandang dalam negeri dan mampu menyumbang devisa ekspor nonmigas yang cukup signifikan.

Ia mengatakan perkembangan ekspor industri alas kaki nasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Kemenperin mencatat pada 2013, nilai ekspor sepatu mencapai 3,86 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan 2012 sebesar 3,6 miliar dolar AS.

"Dengan nilai ekspor tersebut, Indonesia mampu memenuhi sekitar tiga persen kebutuhan dunia akan produk alas kaki," katanya.

Euis mengatakan pihaknya melalui BPIPI yang berada di bawah Direktorat Jenderal IKM, terus mendorong pengembangan industri alas kaki nasional dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif dan meningkatkan daya saingnya di pasar dalam negeri maupun internasional.

Sementara Kepala BPIPI Sidoarjo, E. Ratna Utarianingrum menjelaskan beberapa upaya yang dilakukannya untuk terus mendorong pengembangan industri alas kaki nasional yakni dengan mengadakan lomba desain alas kaki tahun 2013, lomba desain sepatu tingkat nasional 2014, dan pameran Indonesia Leather and Footwear setiap tahun.

"Selain itu, juga penumbuhan wirausaha baru dan peningkatan kapasitas SDM IKM alas kaki di seluruh wilayah potensi secara konsisten. Peningkatan kapasitas kelembagaan BPIPI juga semakin baik dan berpeluang go international," kata Ratna.

Pameran sepatu itu berlangsung hingga 15 Agustus 2014 di Kementerian Perindustrian, Jakarta. Pameran yang bertema "Sepatu Karya Indonesia untuk Dunia" tersebut diikuti oleh 44 peserta dari para alumni BPIPI Sidoarjo dengan melibatkan komunitas sentra IKM dan binaan potensial BPIPI Sidoarjo.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014