Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc mulai memproduksi iPad versi baru dalam upaya untuk menghidupkan kembali penjualan tablet yang lesu, Bloomberg melaporkan, seperti yang dikutip Reuters.

Apple yang membantu menciptakan pasar tablet tahun 2010 dengan iPad pertamanya, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2012 dikarenakan perkembangan ponsel yang lebih besar dan lebih populer, sehingga orang-orang menunda untuk mengganti tablet mereka.

Produksi massal dari iPad dengan layar 9,7 inci (24,6 cm) sudah dimulai, dan kemungkinan akan diperkenalkan pada akhir kuartal tahun ini atau awal kuartal berikutnya, kata Bloomberg melaporkan, mengutip dua orang narasumber.

Versi baru mini iPad 7,9 inci juga memasuki masa produksi dan kemungkinan akan tersedia pada akhir tahun ini, demikian menurut Bloomberg.

Juru bicara Apple Trudy Muller menolak mengomentari laporan tersebut.

International Business Machines Corp mengatakan pada Juli, mereka akan bermitra secara eksklusif dengan Apple untuk menjual iPhone dan iPad, yang dapat meningkatkan penjualan tablet dengan memasuki pasar korporasi yang sebagian besar belum tersentuh.

Apple mengirim 13,2 juta iPad pada kuartal Juni, berkurang 8 persen dari tahun sebelumnya. Penjualan perangkat yang menyumbang 15 persen dari pendapatan itu jatuh di Wall Street untuk kuartal dua berturut-turut.

Penerjemah:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014