Jakarta (ANTARA News) - Usai masa Lebaran, sejumlah bengkel motor dan mobil di Jakarta "kebanjiran" pesanan perbaikan maupun pemeliharaan mesin berkala.

"Pesanan mulai ramai hari Senin (11/8) dan Selasa (12/8) sekitar 120 unit mobil per harinya, kami di sini memakai sistem pesan waktu untuk perbaikan," kata Service Manager Auto 2000 Toyota Yos Sudarso Johnwen di Jakarta, Selasa.

Johnwen mengatakan pelanggan yang memperbaiki kendaraan pasca mudik Lebaran kebanyakan service body mobil yang lecet, ganti oli, general check up, service berkala dan perbaikan tarikan gas.

Ia menambahkan dibandingkan dengan usai Lebaran tahun lalu, tidak ada perbedaan peningkatan perbaikan kendaraan.

"Perbandingannya cukup stabil, tidak ada penambahan atau pengurangan jumlah perbaikan kendaraan," ujarnya.

Kepala Operasional Bengkel Wirajaya Ban Heni di kawasan Pasar Minggu Jakarta, mengatakan sebelum dan sesudah Lebaran pihaknya banyak menermia perbaikan kendaraan dan ganti oli, pengaturan mesin bawah, dan cuci mobil.

Ketika ditanya mengenai jumlah mobil yang masuk ke bengkelnya, ia enggan menyebutkan angkanya.

Hal yang sama juga diungkapkan mekanik bengkel Era motor Yamaha Muksith.

Menurut dia, sejak 4 Agustus lalu rata - rata motor yang datang per harinya paling banyak 40 unit dan paling sedikit 30 unit.

"Perbaikan motor yang telah dipakai usai mudik dan perjalanan jauh hanya ganti oli, pemeriksaan karburator dan kontrol rutin," ujarnya.

Berdasarkan data Kemenhub, pemudik yang menggunakan kendaraan mobil pribadi tahun ini mencapai 1.337.345 kendaraan.

(T.F004/B/S025/C/S025) 12-08-2014 17:44:30
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014