Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan pihaknya mendorong adanya kerjasama untuk penanganan dan pencegahan virus ebola.

"Kami dari Kementerian Luar Negeri menganggap sangat penting bagi kami, bahkan kemarin beberapa waktu lalu dalam pertemuan Menlu East Asian Summit, Indonesia yang menyarankan, mendesak agar negara-negara Asia Timur menjalin kerjasama untuk bisa mencegah semakin meluasnya ancaman ini," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Virus Ebola merupakan virus paling mematikan di dunia dan telah menewaskan seribu lebih orang di Guinea, Liberia, Sierra Leone, dan Nigeria. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan situasi darurat kesehatan internasional.

Marty mengatakan setidaknya ada dua kerjasama yang dibutuhkan dalam pencegahan dan penagkalan penyebaran virus ebola tersebut yaitu kerjasama di bidang kesehatan dan bidang perhubungan udara.

"Karena berbagai pelabuhan udara di kawasan banyak berfungsi sebagai hub buat perjalanan jadi perlu ada kerjasama," katanya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya juga telah mengingatkan kepada WNI di negara afrika terutama Nigeria untuk meningkatkan kewaspadaan.

Begitupula dengan Kedutaan Besar Indonesia di Nigeria,guna meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan perkembangan isu ebola.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014