Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan pengarahan kepada 604 calon pimpinan DPRD seluruh Indonesia dari PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu.

Pembekalan yang berlangsung tertutup di Gedung Bidakara Jakarta tersebut, guna memberikan wawasan dan pemahaman tentang ketatanegaraan, pemerintahan, otonomi daerah, hingga politik anggaran.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan pembekalan ini diberikan kepada kader-kader PDI Perjuangan yang terpilih menjadi anggota DPRD di daerahnya masing-masing dan disiapkan sebagai calon pimpinan DPRD.

Dia menjelaskan pembekalan tersebut meliputi arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

Kemudian pembekalan mengenai Empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dari Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, serta pembekalan tentang tantangan ke depan dan kebijakan otonomi dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Arif Wibowo.

Pembekalan lainnya adalah pengambilan keputusan politik anggaran yang terkait dengan peraturan daerah (Perda) oleh anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat dan Idham Samawi.

Tjahjo juga menjelaskan usai pemberian pembekalan, akan dilakukan tes dan wawancara terhadap calon pimpinan DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Anggota Komisi I DPR RI ini menambahkan pembekalan sekaligus tes dan wawancara ini diikuti sebanyak 604 kader yang merupakan calon pimpinan DPRD, dari seluruh Indonesia.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014