Jika terwujud, ini akan menekan kecurangan.
Denpasar (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bali, TiA Kusuma Wardani, mengatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan Nasional sempat mewacanakan ujian nasional tingkat SMP dan SMA/SMK ke depan akan menggunakan sistem daring atau lewat Internet.

"Memang Kemendiknas sempat mewacanakan ujian nasional (UN) akan langsung menggunakan komputer berjaringan. Jadi soal-soal yang diujikan akan langsung tampil di layar dan dijawab oleh siswa bersangkutan," katanya di Denpasar, Senin.

Namun sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait detil sistem yang akan digunakan.

"Sampai saat ini belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait rencana ujian nasional ke depan mengunakan sistem tersebut," katanya.

"Jika terwujud, ini akan menekan kecurangan. Sistem itu pasti sangat baik, sebab jawaban soal dari siswa akan masuk ke pusat data (server) komputer, sehingga oknum tertentu tidak mudah membobolnya," kata dia.

Ia melanjutkan, "Kami berharap mulai tahun depan bisa terlaksana ujian nasional berbasis online. Ini akan memudahkan semua pihak. Jadi hasilnya dengan cepat bisa diketahui oleh siswa atau masyarakat secara transparan."
(I020)

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014