kami punya liga yang paling kompetitif"
London (ANTARA News) - Kepala Eksekutif Liga Utama Inggris Richard Scudamore menegaskan dia tidak khawatir pada klub super Liga Utama Spanyol  Barcelona dan Real Madrid yang membeli para pemain utama dunia.

Scudamore, berbicara menjelang awal musim baru Liga Premier akhir pekan ini, bersikeras bahwa Liga Inggris adalah produk lebih kompetitif dan lebih atraktif dibandingkan dengan Liga Primera atau La Liga.

Musim ini Real Madrid mendatangkan James Rodriguez dan Toni Kroos setelah keduanya menjadi bintang Piala Dunia, sedangkan Barcelona memperkuat skuad mereka, terutama striker Uruguay Luis Suarez dari Liverpool.

Ketika ditanya bagaimana sepak bola Inggris bersaing dengan sepak bola Spanyol, Scudamore berkata kepada BBC Radio Five: "Untuk dipahami, tidak tahu".

"Cara ekonomi sepak bola Inggris bekerja, Anda mempunyai dua klub yang bersama dengan cara mereka menjual hak siar televisi, mereka diperbolehkan menjual atas mereka sendiri, mereka menyapu dan menghasilkan lebih banyak uang ketimbang yang klub-klub kami lakukan," tambah dia seperti dikutip AFP.

"Klub-klub kami, bahkan klub-klub terbesar kami, terikat pada kolektivitas yang artinya kami punya penjualan kolektif hak siar televisi. Itu lalu didistribusikan, sehingga setiap klub punya peluang untuk bersaing".

"Sementara mereka punya dua klub super yang senantiasa menarik beberapa bakat top dunia --ingat (Zinedine) Zidane tidak ke sini, Luis Figo juga tidak ke sini-- kami punya liga yang paling kompetitif."

Scudamore menambahkan: "Ada banyak tim yang dibicarakan yang mampu menjuarai liga ketimbang yang pernah Anda dengar di Spanyol. Itu membuat kami lebih menarik di dunia. Kami punya ketertarikan global yang lebih besar dibandingkan dengan mereka lakukan belakangan ini."





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014