LKBN Antara memberikan banyak pengalaman pada kami dalam pembentukan mental dan karakter hidup,"
Padang (ANTARA News) - Mantan wartawati Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sumatera Barat (Sumbar) Abna Hidayati berhasil meraih gelar doktor ilmu pendidikan di Universitas Negeri Padang, Rabu.

Keberhasilan Abna Hidayati meraih gelar doktor pada usia 31 tahun tersebut, setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Terbuka Program Doktor Ilmu Pendidikan di hadapan tim penguji Prof. Jalius Jama, Prof Abizar, Prof Mawardi Effedi dan ditambah dengan penguji eksternal Prof Anik Ghufron.

Disertasi dengan judul Perkembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar, yang dipromotori oleh Prof Dr M Zaim M.Hum, Prof Dr Kasman Rukun, M.Pd, Dr Darmansyah ST. M.Pd, dengan tiga promotor berlangsung lancar dan menarik bagi undangan yang hadir.

Dalam ujian terbuka tersebut, para menguji menyarankan, hasil temuan dalam disertasi hendaknya memberi dampak terhadap implementasi kurikulum.

Abna mengatakan di hadapan para penguji, kurikulum merupakan pintu gerbang pendidikan dan jantung dalam proses pendidikan.

Dalam implementasi, kata dia, kurikulum pendidikan tahun 2013 yang sudah diterapkan, tentu tidak terlepas dan aspek karakter guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

Dalam penyampaian di akhir ujian terbuka, Abna mengatakan, proses mencapai doktor sudah impiannya sejak kecil. Namun dalam pencapaiannya tak terlepas dari banyak pihak yang mendukung.

"Allah SWT, telah memberikan rahmat yang luar biasa kepada saya, sehingga untuk pencapaian apa yang diimpikan dapat berjalan dengan lancar. Alhamdulillah dan terima kasih kepada berbagai pihak," katanya.

Ia menambahkan, pengalaman di lapangan sejak menjadi jurnalis, sangat mendukung untuk membangkit motivasi untuk selalu menuntut ilmu pengetahuan.

"LKBN Antara memberikan banyak pengalaman pada kami dalam pembentukan mental dan karakter hidup," katanya.

Sambil menjadi jurnalis sejak 2005 sampai 2008, dia melanjutkan kuliah di S2 UNP dan lulus tahun 2008. Dia langsung diterima menjadi dosen pada jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan.

(KR-AGP/S023)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014