Karawang (ANTARA News) - Situ Cipule yang berlokasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menjadi venue tiga event besar dalam beberapa bulan ke depan, kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia setempat Aries Suparno.

"Kondisi Situ Cipule saat ini kurang terawat. Padahal lokasi itu akan dijadikan venue tiga event besar, yakni Porda Jabar, PON dan Asian Games," katanya, di Karawang, Rabu.

Dalam waktu dua bulan kedepan, sirkuit dayung dengan skala internasional di Situ Cipule tersebut akan digunakan sebagai venue dayung pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat.

Tuan rumah Porda Jabar tahun ini sebenarnya Kabupaten Bekasi. Tetapi untuk venue dayung mereka menggunakan Cipule sebagai lokasi perlombaannya.

Setelah dijadikan venue pada Porda Jabar, selanjutnya pada tahun 2016 Situ Cipule akan dijadikan sebagai venue perlombaan PON XIX. Selain itu, Cipule juga akan dijadikan sebagai lokasi dalam Asian Games pada 2018.

Menurut Aries, setelah menjadi venue dayung pada Sea Games beberapa tahun yang lalu, kondisi Situ Cipule kini tidak terawat.

Menara pengawas yang dibangun dengan menggunakan APBN tersebut kini dalam kondisi terbengkalai, beberapa bagian kaca yang dibangunan tersebut tampak pecah.

Ditambah lagi akses menuju lokasi venue dayung tersebut mulai mengalami kerusakan. Sejak digunakan sebagai lokasi Sea Games, akses jalan menuju lokasi hingga kini belum pernah diperbaiki.

(KR-MAK/F006)

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014