Athena (ANTARA News) - Seorang pria tua terinfeksi virus West Nile di Wilayah Athena, kata Pemerintah Yunani pada Rabu (13/8).

Para ilmuwan di Pusat Pencegahan dan Pemantauan Penyakit Nasional (KEELPNO) belum menyiarkan detail kondisi pasien yang berusia 85 tahun tersebut, demikian laporan Xinhua.

Namun, mereka menyarankan masyarakat agar melakukan tindakan guna mencegah gigitan nyamuk yang dapat menularkan virus berbahaya itu.

Virus West Nile dapat mengakibatkan radang otak dan penyakit lain yang mematikan. Dalam kebanyakan kasus, pasien terserang gejala ringan dan tak perlu dirawat di rumah sakit.

Namun sekitar satu persen orang yang terinfeksi menghadapi dampak yang mengancam nyawa. Sebagian besar dari mereka adalah orang yang berusia lanjut dengan kesehatan buruk dan menderita penyakit kronis.

Wabah virus tersebut memiliki kaitan dengan temperatur tinggi dan Yunani menghadapi gelombang panas dengan temperatur sampai 41 derajat Celsius pekan ini.

Virus itu pertama kali muncul di Yunani pada 2010, ketika tercatat 263 kasus yang dikonfirmasi, 35 di antara mereka meninggal. Tahun lalu, ada 86 kasus yang dilaporkan dan 11 kematian.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014