Selain kualitas yang lebih baik, harganya juga lebih murah
Depok (ANTARA News) - Kementerian Agama dalam persiapan pelaksanaan haji 2014 berhasil menghemat Rp140 miliar dari pemondokan haji di Arab Saudi dengan kualitas yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Selain kualitas yang lebih baik, harganya juga lebih murah. Ini sangat menonjol," kata Sekjen Kemenag Nur Syam, saat Pembekalan Petugas Media Center Haji 2014, di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Hal tersebut, kata Nur Syam, membuat harga sewa hotel per orang menjadi lebih rendah dari tahun sebelumnya. Nur Syam mengatakan pemerintah berhasil menurunkan harga sewa pondokan karena melakukan negosiasi yang lebih kuat lagi dengan pihak pemondokan di Arab Saudi.

Kemenag juga meminimalisir peranan calo yang sangat kuat dalam mencari pondokan. "Penurunan biaya pondokan ini suatu prestasi yang luar biasa," kata Nur Syam.

Sekjen mengatakan dari lima indikator pelaksaan haji ada tiga masalah yang sering diperhatikan yakni pondokan, katering dan transportasi. Dua masalah lainnya, yakni pelayanan kloter non kloter relatif sudah baik.

Ia mengatakan jika tiga hal tersebut (pemondokan, katering dan transportasi) berhasil maka pelaksanaan haji 2014 bisa akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Saat ini, katanya, persiapan pelaksanaan haji sudah mencapai 90 persen. Menurut rencana kloter pertama jamaah haji akan berangkat tanggal 1 September. 

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014