Presiden dan wakil presiden baru harus mampu bersinergi dengan lembaga negara lainnya...
Jakarta (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendorong Pemerintah untuk menjaga stabilitas keamanan sampai pada saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih untuk masa pemerintahan 2014-2019.

"Prestasi pemerintah selama 10 tahun terakhir sangat mendukung proses suksesi kepemimpinan yang baik dan wajar. Namun demikian, Dewan mendorong pemerintah untuk memastikan stabilitas keamanan tetap terjaga sampai waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Ketua DPR Marzuki Alie di Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam pidato pengantar DPR RI pada Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah di Gedung MPR/DPR/DPD.

Ketua DPR berharap hadirnya para pemimpin baru akan menghadirkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, serta mampu menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia juga berharap pemerintahan baru nantinya dapat membawa bangsa Indonesia mencapai cita-cita kemerdekaan sebagaimana amanah UUD 1945.

"Presiden dan wakil presiden baru harus mampu bersinergi dengan lembaga negara lainnya, sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing," ujar Marzuki.

Sinergi atau keselarasan itu, menurut dia, sangat diperlukan agar mekanisme "check and balances" dapat diimplementasikan dengan baik, demi memperkokoh demokrasi yang lebih berbudaya dan beradab.

"Kami juga mengapresiasi kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah berhasil membangun kebersamaan dengan lembaga-lembaga negara lainnya," katanya.

Dalam pidato pengantar itu, Ketua DPR juga mengajak segenap bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan dengan penuh rasa syukur sambil mengenang para pejuang kemerdekaan yang gugur merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014