New Delhi (ANTARA News) - Perdana Menteri India Narendra Modi akan mengunjungi Jepang pada akhir bulan, yang merupakan lawatan pertama di luar Asia Selatan sejak ia menduduki kekuasaan.

Modi akan melakukan lawatan pada 31 Agustus hingga 3 September untuk bertemu dengan timpalannya, PM Shinzo Abe dan mengunjungi kaisar Akihito, demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri India, Jumat.

"Pemerintah Jepang menyambut baik rencana tersebut yang akan memperkuat hubungan persahabatan kedua negara antara Jepang dan India," demikian pernyataan terpisah dari Kedutaan Besar Jepang, seperti dilaporkan AFP.

Modi sebelumnya diharapkan mengunjungi Tokyo pada awal Juni tetapi menangguhkan rencananya untuk menyesuaikan anggaran pertama pemerintahannya.

Modi dari sayap kanan sering dibandingkan dengan Abe, keduanya adalah nasionalis yang terpilih untuk jabatannya atas janji mereka untuk memperbaiki masa depan ekonomi negara.

Kedua negara juga memiliki sengketa wilayah dengan Beijing, meskipun Modi bersikukuh mengatakan bahwa Beijing dan Delhi seharusnya menjadi "mitra" daripada menjadi pesaing.

Sejak menduduki jabatannya, Modi sudah mengunjungi negara-negara tetangga yaitu Butan dan Nepal serta menghadiri pertemuan puncak negara-negara berkemang BRICS di Brasil bulan lalu.

(Uu.M007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014