Ia (Van Gaal) tidak segan-segan memeluk pemainnya bila mampu melepas umpan dengan baik. Jika seseorang membuat kekeliruan, ia tidak enggan memberi koreksi
Manchester (ANTARA News) - Mantan gelandang Manchester United, Paul Scholes menyebut bahwa Louis van Gaal sebagai sosok manajer yang "sedikit gila tapi jenius" dalam meracik taktik menghadapi laga yang akan digelar di ajang Premier League musim kompetisi 2014/2015.

Van Gaal sosok yang jenius yang perlu ekstra kerja keras agar dapat meraih gelar Premier League musim ini. Pernyataan itu dikemukakan Scholes jelang laga perdana Manchester United melawan Swansea pada Sabtu pekan ini.

Scholes memandang bahwa pelatih asal Belanda itu benar-benar bekerja dengan pertimbangan rasional dalam setiap sesi latihan sebagai persiapan jelang laga.

Ia kemudian menunjuk kepada fakta bahwa skuat Setan Merah gagal memboyong Toni Kroos. Pemain asal Jerman itu justru digaet oleh Real Madrid dengan nilai transfer senilai 20 juta poundsterling.

Manchester United juga tidak berdaya untuk mendaratkan mantan gelandang Barcelona Cesc Fabregas.

"Dari yang saya saksikan, (Van Gaal) kelihatannya tampil sebagai sosok yang sedikit gila, tapi ia sosok yang jenius. Ia menunjukkan dan membuktikan dirinya sebagai manajer yang pas benar dengan profesinya itu."

"Ia (Van Gaal) tidak segan-segan memeluk pemainnya bila mampu melepas umpan dengan baik. Jika seseorang membuat kekeliruan, ia tidak enggan memberi koreksi," katanya sebagaimana dikutip dari laman Daily Mail.

"Saya pernah dilatih Sir Alex Ferguson selama 20 tahun, dan ia dapat berubah menjadi sosok yang menakutkan. Ini ditempuh agar penampilan anda semakin baik. Tidak dapat diragukan bahwa para pemain perlu tampil lebih baik di musim ini. Jika mereka tidak tampil baik, maka mereka bakal menuai kecewa."

"Para pemain akan paham akan tempat mereka berdiri. Anda dapat tahu apa yang menjadi kemauan Sir Alex. Jika anda tidak tampil baik, tidak segan-segan ia menegur anda. Dan besar kemungkinan anda tidak akan diturunkan dalam laga pekan depan."

Manchester United menuai peringkat ketujuh musim lalu di ajang Premier League. "The Red Devils" juga memecar manajer David Moyes pada April lalu setelah mereka dikalahkan Everton.

Scholes kemudian membandingkan Van Gaal dengan Alex Ferguson sebagai sosok manajer "yang menakutkan". Ia kemudian memprediksi bahwa Manchester United akan menuai sukses di ajang Liga Champions.

Scholes merasa bingung karena United gagal merekrut pemain kelas dunia seperti Kroos, Bastian Schweinsteiger atau mantan gelandang Arsenal, Fabregas.

"(Alexis) Sanchez merupakan hasil rekrutan yang baik hanya saja apakah ia memang pemain yang mereka perlukan. Mereka memerlukan bek tengah yang kuat dan gelandang yang kokoh," katanya.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014