... anggaran sebesar itu masih kurang... "
Jakarta (ANTARA News) - Alokasi pagu anggaran Kementerian Pertanian pada RAPBN 2015 sebesar Rp15,8 triliun, dinilai masih belum ideal untuk mencapai target-target swa sembada yang akan dicapai Pemerintah.

"Jelas anggaran sebesar itu masih kurang, merujuk pada revisi target swasembada lima komoditas pangan yang harus dipenuhi," kata Menteri Pertanian, Suswono, usai mengikuti pidato Presiden Susilo Yudhoyono tentang RAPBN 2015 beserta nota keuangannya, di depan Sidang Paripurna DPR, di Jakarta, Jumat.

Menurut Suswono, anggaran Kementerian Pertanian sebesar Rp15,8 triliun tersebut relatih lebih tinggi dari pagu APBN-P 2014 yang l mencapai Rp13,613 triliun.

Namun kondisi ke depan berbeda, karena berbagai persoalan yang harus diselesaikan pemerintah di sektor pertanian masih cukup besar yaitu masalah irigasi, subsidi pupuk dan termasuk subsidi benih.

Kementerian itu juga harus memenuhi revisi target swasembada lima komoditas pertanian, yaitu beras, gula, kedelai, jagung, dan daging sapi.

Salah satu masalahnya, soal subsidi pupuk yang tidak tepat sasaran, bahkan petani mengeluh harganya masih di harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014