Jakarta, (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap pemerintah baru mendukung lebih berkembangnya iklim investasi pada industri otomotif di dalam negeri.

Hal itu memungkinkan banyak investasi yang masuk ke dalam negeri sehingga memperkuat industri otomotif lokal.

"Kami harapkan pemerintah baru berikan iklim investasi baik dalam industri otomotif sehingga banyak investasi masuk dan perkuat industri," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan pasar otomotif Indonesia sangat besar dan perkembangan ekonomi dalam negeri sangat baik. Selain itu menurut dia, populasi anak muda Indonesia sangat banyak sehingga kebutuhan kendaraan sangat besar dan dibutuhkan adanya produksi kendaraan lebih banyak.

"Kami ingin Indonesia menjadi tuan rumah sehingga jangan sampai di era pasar bebas banyak barang impor yang masuk," ujarnya.

Rahmat mengatakan TAM mendukung berkembangnya industri otomotif dalam negeri yang dibuktikan dengan penggunaan komponen lokal dalam produknya. Dia mencontohkan Toyota Avanza yang 85 persen komponennya merupakan lokal content dan beberapa produk yang di ekspor ke luar negeri seperti Avanza, Kijang, Fortuner, dan Agya.

"Dukungan iklim investasi di industri otomotif diharapkan investasi lebih banyak sehingga kekuatan Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri," ujarnya.

Dia menegaskan 90 persen produk Toyota merupakan produksi dalam negeri Indonesia, dan itu menunjukkan konsistensi perusahaan itu dalam mendukung perkembangan industri otomotif dalam negeri.


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014