Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan akan lebih melestarikan tiga zona bahasa daerah di provinsinya dengan menyiapkan tenaga pengajar bahasa di sekolah formal.

"Untuk lebih melestarikan bahasa daerah, Jawa Barat akan lebih mengefektifkan pelestarian pada tiga zona bahasa," kata Heryawan usai menyampaikan nota pengantar Raperda pada Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat di Bandung, Jumat.

Ia mejelaskan, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Bahasa dan Sastra Daerah, di Jawa Barat ada tiga Zona Bahasa yakni Zona Priangan dengan Bahasa Sunda, Zona Cirebon dengan Bahasa Jawa-Cirebon, dan Zona Bekasi-Depok dengan Bahasa Betawi.

Meskipun sudah ada Perda, Gubernur menilai, pelestarian dan pembinaan belum dilakukan dengan baik seperti belum siapnya guru bahasa.

"Oleh karena itu, salah satunya nanti harus disiapkan guru-guru bahasa Cirebon, guru bahasa Betawi," kata dia seraya mengatakan bahasa daerah perlu dilestarikan agar tidak ada bahasa ibu di Jawa barat yang hilang ditelan zaman.






Pewarta: Feri Purnama
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014