Bandung (ANTARA News) - Petani ubi di Bandung, Jawa Barat, mulai melirik pasar Singapura untuk memasarkan hasil panen mereka yang sebelumnya dikirimkan ke Korea dan Jepang.

Dudung, salah seorang petani ubi di Cijapati Kabupaten Bandung, mengatakan ubi jalar hasil panen petani Cijapati memiliki kualitas dan berkualitas rasa seperti Ubi Cileumbu sehingga diminati pasar ekspor.

Ubi hasil panen petani di Cijapati memiliki keunggulan manis natural, legit dan tahan lama. Sebelumnya hanya dikembangkan petani asal Cileumbu.

Kawasan pertanian Cijapati berada di lereng gunung yang dingin sehingga cocok dan potensial dikembangkan ubi jalar terutama saat musim kemarau.  Ubi jalar hemat air sehingga mudah dikembangkan pada musim kemarau, selain bisa diekspor.

Haerudin, petani lain mengaku, ubi jalar Cijapati kualitasnya mampu menembus pasar ekspor Jepang dan Korea karena memiliki persamaan dengan Ubi Cileumbu dari Sumedang.

Cahyo, salah seorang eksportir ubi di Bandung menuturkan ubi Cijapati memiliki rasa dan kualitas yang sama dengan Ubi Cileumbu, sehingga diminati pasar ekspor dan kini siap dikirim ke Singapura.





Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014