Brno (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Marc Marquez menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas Grand Prix MotoGP Republik Ceko hari ini, menjelang balapan Minggu di mana sesi sore terganggu oleh hujan deras yang mempengaruhi catatan waktu.

Pebalap Honda asal Spanyol sekaligus juara bertahan itu mencatatkan waktu 1 menit 56,803 detik di sirkuit sepanjang 5,4 kilometer ini pada kondisi kering Jumat pagi.

Pebalap Spanyol lainnya Jorge Lorenzo yang mengendarai Yamaha menduduki urutan kedua dengan selisih 0,037 detik di belakang Marquez, dan unggul 0,015 detik atas rekan setim Marquez di Honda, Dani Pedrosa.

Pebalap Ducati asal Italia Andrea Iannone mendominasi sesi sore dengan selisih lima detik lebih lambat dari penampilannya pada pagi hari, menjadi salah satu dari dua pebalap yang catatan waktunya diukur sebelum hujan turun.

Marquez mencatatkan waktu terbaik dalam kondisi basah dengan mengungguli Pedrosa dan pebalap Italia Valentino Rossi yang menunggangi Yamaha.

Di Brno, Marquez (21) mengincar kemenangan kesebelasnya secara beruntun dalam jumlah balap yang sama pada musim ini yang akan menjadi rekor baru.

Legenda Italia Giacomo Agostini memenangi 10 balap pembuka dalam kelas utama pada 1968, 1969, dan 1970, sedangkan Marquez menyamai catatan itu di Indianapolis Minggu lalu.

Di Indianapolis, Marquez juga menjadi pebalap pertama sejak Mick Doohan asal Australia pada 1997 yang memenangi 10 balapan secara berturut-turut.

Belum pernah ada yang memenangi 11 balap pembukaan dalam semusim, dan musim sempurna Agostini pada 1968 pun hanya melangsungkan 10 balap.

Setelah memenangi 10 dari 18 balap tahun ini, Marquez memimpin klasemen dengan nilai sempurna 250, unggul 89 poin atas sesama pebalap asal Katalan Pedrosa dan 93 poin dari Rossi, demikian AFP.

(H-RF)




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014