Bogor (ANTARA News) - Istana Bogor memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 dengan memasang Bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter di sekeliling istana.

Bendera Merah Putih serupa setengah lingkaran dan melengkung indah membalut pagar tembok Istana Bogor sejauh 1.000 meter, pemandangan ini dapat dilihat setiap melintas di depan istana kepresidenan itu.

"Ini tradisi setiap HUT Kemerdekaan RI, kita menghiasi pagar Istana Bogor dengan bendera, total panjang bendera yang mengelilingi istana sepanjang 1.000 meter," kata Protokol Istana Presiden Bogor, Cecep Koswara, di Bogor, Sabtu.

Pemasangan bendera sepanjang 1.000 meter sesuai panjang Istana Bogor, tambah dia, merupakan tradisi yang tetap dipertahankan sejak jaman Presiden Soeharto.

Menurut Cecep tradisi tersebut juga diberlakukan di lima Istana Kepresidenan lainnya yang ada Indonesia seperti Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Cipanas, Istana DIY Jogyakarta dan Istana di Bali.

Selain menghiasi pagar istana dengan bendera sepanjang 1.000 meter, pihak Istana Bogor juga mengecet ulang tembok pagar istana menjadi lebih rapi dan bersih.

Sebelumnya, terang dia, tembok Istana Bogor menjadi sasaran aksi vandalisme, yang mencoret tembok pagar istana dengan cat semprot. Tindakan vandalisme ini disayangkan oleh pihak Istana Bogor yang merusak nilai cagar budaya dan wajah Negara Indonesia oleh aksi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Istana ini ibarat wajah kita, bila dicoret seperti ini artinya kita tidak punya rasa nasionalisme terhadap kekayaan budaya dan benda cagar budaya yang bangsa kita miliki," kata Cecep.

Cecep berharap, aksi vandalisme yang dilakukan remaja di Bogor dapat ditangani dan tidak mengulang kembali aksi coret dinding pagar Istana Bogor.

"Saya himbau masyarakat mari sama-sama kita menjaga dan memelihara apa yang menjadi kekayaan bangsa kita. Karena perawatan Istana ini memakai uang rakyat. Jika kita merusak artinya kita juga merugikan diri sendiri," kata Cecep.

Sementara itu, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-69, seluruh protokol Istana di Indonesia berkumpul di Istana Kepresidenan Jakarta untuk mengikuti Upacara Bendera secara nasional.

"Selama HUT RI ini Istana Bogor tidak menerima kunjungan, terkecuali jika ada kunjungan mendadak tamu kepresidenan akan kita terima," kata Cecep.

(KR-LR)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014