Jakarta (ANTARA News) - Mendominasi penguasaan bola tanpa pemain kunci Robin van Persie, Manchester United yang bertanding di kandangnya sendiri di Old Trafford di bawah pelatih baru Louis van Gaal, malah tersungkur 1-2 dari Swansea City dalam pertandingan pertama Liga Utama Inggris malam ini.

Pemain asal Korea Selatan Ki Sung-Yueng dan pemain Islandia Gylfi Sigurdsson yang juga membuat assist untuk Ki menciptakan kedua gol Swansea, sedangkan kapten baru United Wayne Rooney membuat satu-satunya gol Setan Merah.

United hampir saja menciptakan gol pada menit-menit awal ketika Phil Jones menyambut sebuah umpan silang dengan sundulannya namun dimentahkan oleh kiper Swansea Lukasz Fabianski.

Terus ditekan, Swansea menciptakan satu-satunya peluang berbahaya di babak pertama yang optimal dieksploitasi menjadi gol, lewat pemain asal Korea Selatan Ki Sung-yueng.

Pada menit 28, bergerak membawa bol dari kanan ke kiri lapangan, Nathan Dyer lalu mendapati Ki di tepi kotak penalti Setan Merah, setengah mencoba-coba Ki melepaskan tendakan kaki kiri menyusur yang tak bisa dihalau David de Gea.  1-0 untuk Swansea.

Wilfried Bony sukses menjinakkan Phil Jones sehingga tak bisa mencegah Ki Sung-yueng.

Menurut BBC, formasi baru yang dikenalkan pelatih baru Louis van Gaal dengan memasang tiga bek membuat pergerakan pemain belakang menjadi terlalu sempit, sedangkan tidak ada gelandang penyangga yang bisa mengisi kekosongan antar lini belakang.

Setahun lalu, pada babak pertama MU di bawah David Moyes malah bisa memimpin 2-0 melawan Swansea justru ketika bermain di kandang Swansea di Liberty Stadium.

Masuk babak kedua, United menukar Javier Hernandez dengan Nani demi mengubah formasi menjadi empat gelandang.

Hasilnya pada menit 53 kapten tim Wayne Rooney menyamakan kedudukan lewat tendangan jarak dekat usai menerima umpan Phil Jones.

Namun 19 menit kemudian giliran Gylfi Sigurdsson si pemberi assist untuk gol pertama Swansea menciptakan gol pada menit 72 untuk mempersembahkan tiga poin untuk timnya, sekaligus merusak debut Louis van Gaal di Old Trafford.

Manuver pemain baru Jefferson Montero dan Wayne Routledge telah merancang gol Gylfi Sigurdsson yang asal Eslandia ini dan dengan dengan dingin melepaskan tembakan dari jarak 10 yard dengan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau David de Gea.  2-1 untuk Swansea.

Kedudukan ini tak berubah sampai babak kedua usai, dan MU ini mengawali kampanye musim ini dengan kekalahan.

Susunan pemain:
Manchester United:
David De Gea, Phil Jones, Chris Smalling, Tyler Blackett, Juan Mata, Ashley Young, Ander Herrera (Marouane Fellaini), Darren Fletcher, Jesse Lingard (Adnan Januzaj), Wayne Rooney, Javier Hernández (Nani)
 
Swansea City: Lukasz Fabianski, Jordi Amat, Neil Taylor (Dwight Tiendalli), Ashley Williams, Angel Rangel, Ki Sung-Yeung, Jonjo Shelvey, Nathan Dyer (Jefferson Montero), Wayne Routledge, Gylfi Sigurdsson, Wilfried Bony (Bafetimbi Gomis)






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014