... kegigihan pemuda Palembang menjahit bendera ini harus diakui menjadi kebanggaan yang akan menjadi sejarah tak terlupakan... "
Palembang (ANTARA News) - Bendera Merah Putih raksasa seluas 3.000 meter persegi alias 30 kali 20 meter dibentangkan usai upacara HUT Kemerdekaan RI di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang.

Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Minggu, sangat bangga kepada generasi penerus yang telah membuat bendera Merah Putih raksasa.

"Kreativitas anak muda ini menjadi bukti kecintaan mereka terhadap bangsa dan negeri ini dengan menjahit bendera raksasa," katanya, disela-sela pembentangan bendera itu.

Menurut dia, kegigihan pemuda Palembang menjahit bendera ini harus diakui menjadi kebanggaan yang akan menjadi sejarah tak terlupakan.

"Apalagi, komitmen menjahit bendera itu, menjadi salah satu bukti kecintaan kepada Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, momentum hari kemerdekaan ini wajib dipahami secara mendalam oleh semua bangsa Indonesia. "Kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan secara mudah tetapi dengan perjuangan yang sangat luar biasa oleh pahlawan-pahlawan bangsa ini," katanya.

Ketua Tim IKA Latihan Kepemimpinan Siswa Kota Palembang, Siti Anisyah, mengatakan, proses membuat bendera raksasa itu juga secara manual, dijahit sekitar 1.500 pelajar dan masyarakat umum.

Berapa material kain berwarna merah dan putih yang diperlukan? 20 x 150 meter berwarna merah dan putih.

Selain itu, benang wol warna merah putih sekitar 10 kilogram juga digunakan untuk pembuatan bendera raksasa itu. Sebanyak 2.000 jarum digunakan dalam pembuatan bendera itu.

Pewarta: Nila Ertina
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014