Jakarta (ANTARA News) - Hari ulang tahun identik dengan kue ulang tahun, perayaan, doa-doa dan harapan-harapan kedepannya. Hari ini diumurnya yang ke-69, anak-anak bangsa meniupkan doa tulus untuk Republik Indonesia.

Dari kalangan selebritis mulai dai Donna Agnesia, Reza Rahadian, perancanga busana Tex Saverio, satpam, ibu rumah tangga, dan tukang bakso pun turut menyelipkan doa agar Indonesia bisa lebih baik kedepannya.

"Mudah-mudahan di usianya yang ke-69 Indonesia akan segera mendapat pemimpin baru yang bisa membawa Indonesia lebih baik," kata donna Agnesia baru-baru ini.

Presenter olahraga yang memulai karir dari model ini menambahkan, "Sedihnya sekarang, hanya sekerdar seremonial, mungkin karena generasi sekarang tidak memperjuangkan bagsa Indonesia secara langsung."

Sementara Rexa Rahardian mengatakan, "Memaknai 17 Agustus itu tidak ingin hanya sekedar seremonial, lebih ke gua sendiri sih. Kayak apa yang pengen gua lakuin buat Indonesia, tapi bukan pas 17-an doang," Reza Rahadian.

Selain kedua selebritis itu, harapan juga datang dari perancang busana nasional yang namanya sudah malang-melintang di mancanegara. Tex Saverio yang gaunnya pernah dipakai oleh Lady Gaga, Kim Kardashian, dan Jennifer Lawrence ini berharap dunia fashion Indonesia bisa lebih siap.

"Harapannya semuanya bisa settle, karena masih ada sesuatu yang hilang di dunia fashion Indonesia kalo kita mau ngomongin standar internasional, tapi semuanya perlu waktu," kata Tex Saverio baru-baru ini.

Ia menimpali, "Saya berharap saya dan teman-teman di industri ini bisa duduk bersama, melangkah bersama karena kita tahu kok kekurangannya apa dan kita tidak bisa berjalan sendiri."

Sementara Tomo (43), salah satu satpam di salah satu kantor di Jakarta berharap agar Indonesia aman.

"Harapannya semoga pemimpin Indonesia bisa kompak dari mulai presiden, gubernur, walikota, dan bupati agar mutu keamanan di Indonesia, apalagi di Jakarta bisa meningkat. Selain itu, pemerintah mau membuka lapangan kerja dan mempermudah orang-orang yang ingin berwirausaha," kata Tomo. "Selain itu, pemerintah bisa tegas dalam masalah hukum."

Ibu Yati (34), ibu rumah tangga dengan dua orang anak ini berharap agar harga-harga kebutuhan pokok tidak terus melambung dan biaya pendidikan bisa murah.
 
Sementara Solikin, tukang bakso di daerah Depok berharap Indonesia bisa mandiri, khususnya dimasalah pangan.

"Harapannya Indonesia bisa mandiri dari produk asing. Contohnya saja di Amerika makanan cepat saji dikatakan sebagai makanan sampah, tetapi di di sini malah diidolakan. Padahal Indonesia bisa bikin tahu tempe lebih baik eh malah impor," tambah Solikin kepada ANTARA News.

Sementara hampir di seluruh bumi pertiwi, sang saka merah putih berkibar di gang-gang kecil hingga jalan-jalan protokol.

Lomba-lomba seperti makan kerupuk, panjat pinang, tangkap belut, sendok kelereng juga diadakan untuk menyemarakan ulang tahun Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia!(*)

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014